Konstruksi MRT Jakarta Sudah Mencapai 97,57 Persen

Kompas.com - 29/11/2018, 15:09 WIB
Kondisi Stasiun MRT Dukuh Atas di Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Kondisi Stasiun MRT Dukuh Atas di Jakarta Pusat, Kamis (29/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan proyek mass rapid transit (MRT) di Jakarta sudah mencapai 97,57 persen pada akhir November 2018 ini.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar menyatakan, proses pembangunan masih sesuai target yang direncanakan. Saat ini, para pekerja fokus mengerjakan kontruksi fisik yang belum selesai pada sejumlah stasiun seperti interior, tangga, dan pintu masuk.

"Ada daerah-daerah yang belum selesai misalnya entrance (pintu masuk) pada beberapa stasiun. Kalau dilihat di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin ada entrance yang sedang kami kerjakan," kata William di Stasiun Dukuh Atas, Kamis (29/11/2018).

Baca juga: MRT Lebak Bulus-Bundaran HI Dirancang Tiba di Stasiun Tiap 5 Menit


"Stasiun Dukuh Atas ini salah satu stasiun yang sudah relatif jadi, entrance-nya juga sudah jadi. Letaknya juga dekat dengan stasiun KRL dan kereta bandara," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, ada tiga stasiun yang masih dalam proses pembangunan pintu masuk. Stasiun-stasiun itu adalah Bendungan Hilir, Setiabudi, dan Istora.

Ia mengungkapkan, proses pembangunan pintu masuk pada ketiga stasiun itu sempat tertunda karena adanya penyelenggaraan Asian Games 2018 Agustus lalu. Namun, hal itu tidak berpengaruh pada target pembangunan yang harus dicapai.

Pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Foto diambil Kamis (29/11/2018).KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Foto diambil Kamis (29/11/2018).

"Kemarin kan ada kegiatan Asian Games 2018, makanya sampai sekarang kami masih ada kegiatan (pembangunan) di pintu masuk stasiun-stasiun tersebut," kata Silvia.

"Di area depo, penyelesaian juga sedang berlangsung. Tapi kami sudah menyelesaikan area track dan gedung maintanance (pemeliharaan) untuk para staff. Untuk jalur network juga sedang perapian," tambah dia.

Di Stasiun Dukuh Atas, tangga masuk stasiun sudah dapat dilalui orang. Pembangunan eskalator yang berada di sisi tangga juga masih dikerjakan.

Berdasarka rencana, MRT Jakarta akan beroperasi pada Maret 2019.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X