Tanam Eceng Gondok di Kali Inlet 3, Pemkot Jakut Tak Keluarkan Biaya

Kompas.com - 03/12/2018, 19:00 WIB
Tumbuhan eceng gondok mulai ditanam di Kali Inlet 3, Sunter, Jakarta Utara, Senin (3/12/2018). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DTumbuhan eceng gondok mulai ditanam di Kali Inlet 3, Sunter, Jakarta Utara, Senin (3/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara Lambas Sigalingging mengatakan, uji coba pemanfaatan eceng gondok untuk naturalisasi sungai tidak memakan biaya sepersen pun.

Eceng gondok yang ditanam di Kali Inlet 3 Tanjung Priok didapat dari eceng gondok yang tumbuh liar di kawasan lain.

"Ini tidak menggunakan biaya sepersen pun. Bibitnya kami ambil dari kolam di Penjaringan Taman Mangrove, lalu tadi ada dari kali di Cilincing," kata Lambas saat ditemui di Jakarta Utara, Senin (3/12/2018).

Baca juga: Petugas Pasang Sekat untuk Cegah Eceng Gondok Tumbuh Liar di Kali


Adapun eceng gondok yang ditanam di Kali Inlet 3 merupakan eceng gondok yang masih berukuran kecil atau sekitar 20-25 sentimeter.

Ia melanjutkan, UPK Badan Air juga tidak membeli sekatan berbahan High Density Polyethelene (HDPE) baru yang difungsikan menyekat tanaman eceng gondok agar tidak tumbuh liar.

"Sekatannya juga kami pakai yang sudah ada. Jadi didoakan sajalah kita sama sama monitor kalau baik, kenapa enggak lanjut," ujarnya. 

Baca juga: Bila Sukses, Penanaman Eceng Gondok Dilanjutkan di Kali Sentiong

Sebelumnya, Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Utara telah memulai uji coba pemanfaatan eceng gondok dalam naturalisasi sungai.

Tumbuhan eceng gondok dinilai dapat menyerap partikel-partikel di bawah air sehingga membuat air menjadi lebih bersih dan jernih.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X