Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Pengangguran di Kota Bekasi Lebih Tinggi dari Rata-rata Nasional

Kompas.com - 06/12/2018, 09:03 WIB
Dean Pahrevi,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, tingkat pengangguran di Kota Bekasi lebih tinggi dari presentase pengangguran nasional. Berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) yang diterima Tri, sebanyak 9,32 persen dari total 2,7 juta penduduk Kota Bekasi atau sama dengan sekitar 251 ribu orang merupakan penganggur.

Angka itu lebih tinggi dibanding presentase pengangguran nasional yang hanya sebesar 5,34 persen dari total penduduk Indonesia.

"Itu kan secara persentase, bukan jumlah. Sembilan persen dari 2,7 juta penduduk di Kota Bekasi. Persentase tinggi itu karena memang wilayah kita penduduk urbanisasi," kata Tri di Hotel Horison, Kota Bekasi, Rabu (5/12/2018).

Baca juga: Tingkat Pengangguran di Desa Naik, Ini Kata Wapres Kalla

Tri menambahkan, Pemkot Bekasi akan berupaya menekan angka pengangguran itu. Persoalan tersebut menjadi fokus utama yang harus diselesaikan dalam lima tahun ke depan.

"Tetap kita akan tekan terus angka itu dengan menciptakan banyak lapangan kerja, termasuk program pemagangan Kementerian Tenaga Kerja," ujar Tri.

Pemkot Bekasi menargetkan dalam kurun waktu lima tahun, 150.000 lapangan kerja harus tercipta. Tri menjelaskan, pihaknya menargetkan tiap tahun ada 30.000 lapangan kerja yang tersedia.

Menurut dia, Pemkot Bekasi tengah membuka pelatihan kewirausahaan untuk masyarkat luas tanpa ada batasan usia.

"Kami sekarang sedang membuka pelatihan buat masyarakat, tidak ada batasan umur, yang kemudian (masyarakat) berusaha untuk menjadi pengusaha," ujar Tri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com