DKI Dapat Penghargaan dari Kemendikbud karena Nama Jak Lingko dan MRT - Kompas.com

DKI Dapat Penghargaan dari Kemendikbud karena Nama Jak Lingko dan MRT

Kompas.com - 10/12/2018, 15:19 WIB
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senin (12/10/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan tersebut.KOMPAS.com/NURSITA SARI Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senin (12/10/2018). Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima langsung penghargaan tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerima penghargaan Reksa Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Senin (12/10/2018).

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar mengatakan, penghargaan diberikan karena Pemprov DKI memberi nama Jak Lingko dan moda raya terpadu (MRT) yang diambil dari bahasa Indonesia.

"Pertama, penetapan nama MRT dalam bahasa Inggris menjadi moda raya terpadu. Kedua, buah pikir langsung Pak Gubernur dan jajaran akan terhubung jaringan transportasi di Jakarta yang diberi nama Jak Lingko," kata Dadang di Kantor Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin.

Baca juga: Transportasi Laut Akan Terintegrasi dengan Jak Lingko

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menerima langsung penghargaan tersebut berterima kasih atas penghargaan yang diberikan Kemendikbud.

Anies juga menyinggung soal penamaan program integrasi antar-moda bernama Jak Lingko. Lingko merupakan kosakata baru dalam bahasa Indonesia.

"Maknanya (Lingko) adalah sistem pengairan yang terintegrasi, pengairan yang tidak linear, pengairan yang bisa menjangkau semuanya. Itulah semangat yang ingin ditularkan ke dalam sistem integrasi transportasi di DKI," kata Anies.

Baca juga: Nama OK Otrip Diubah Jadi Jak Lingko

Menurut Anies, penghargaan yang diberikan Kemendikbud menjadi motivasi bagi Pemprov DKI Jakarta untuk selalu menggunakan bahasa Indonesia.

Pemprov DKI juga ingin mengembangkan bahasa Indonesia.

"DKI siap dijadikan tempat untuk mempromosikan terobosan-terobosan bahasa. Terima kasih penghargaan ini, insya Allah menjadi motivasi bagi semuanya," ucap Anies.


Terkini Lainnya


Close Ads X