Alasan Pengemudi Ojek Online Jual Mini Cooper yang Dibeli Seharga Rp 12.000

Kompas.com - 17/12/2018, 17:52 WIB
Sebuah mobil Mini Cooper S berpelatnomor B 118 VNA ditegur petugas razia gabungan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Jalan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (27/11/2018). Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUM Sebuah mobil Mini Cooper S berpelatnomor B 118 VNA ditegur petugas razia gabungan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) di Jalan Puri Indah, Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (27/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi ojek online Dedi Heryadi mengatakan, dirinya tak sanggup membayar pajak tahunan mobil Mini Cooper yang didapatkannya saat promo Hari Belanja Online Nasional ( Harbolnas) yang digelar Bukalapak, Rabu (12/12/2018).

Saat Harbolnas di Bukalapak, Dedi merupakan pengguna yang berhasil membeli mobil tersebut hanya dengan harga Rp 12.000. 

Besaran pajak tahunan mobil Mini Cooper tersebut yang membuat pria asal Ciamis, Jawa Barat itu memutuskan untuk menjual mobilnya.

"Bayar pajaknya juga lumayan. Dari awal saya juga sudah niat (jual) karena bingung bayar pajaknya," ujar Dedi saat dihubungi Kompas.com, Senin (17/12/2018).

Baca juga: Bukalapak Bantu Jual Mini Cooper Pengemudi Ojek Online

Dedi menaksir pajak tahunan mobil Mini Cooper miliknya yang seharga lebih dari Rp 700 juta itu bisa mencapai Rp 20 juta.

Sementara, penghasilannya selama setahun menjadi pengemudi ojek online hanya cukup untuk menafkahi istri dan tiga orang anaknya.

Selain itu, mobil tersebut juga tak akan sering dia gunakan. Dedi mengatakan, uang hasil penjualan mobilnya akan digunakan untuk tabungan masa depan keluarganya.

"Kalau keluarga, dari awal sudah pada tahu kalau (akan) diuangkan barangnya. Kalau kebutuhan saya sudah cukup, tapi nanti (uang hasil jual mobil digunakan) untuk apa kek, selain ngojek nantinya," ujar Dedi.

Sejumlah pihak telah menawar Mini Cooper itu seharga Rp 400 juta hingga Rp 500 juta. Namun, Dedi lebih memilih menjual mobil tersebut dengan bantuan pihak Bukalapak.

Baca juga: Mini Cooper Rp 12.000 Milik Pengojek Online Ditawar Rp 400 Juta-Rp 500 Juta

Dedi dan manajemen Bukalapak belum memutuskan metode penjualan yang akan dipilih untuk menjual mobil asal Inggris tersebut.



Terkini Lainnya


Close Ads X