PKL dan Satpol PP Bentrok Saat Penertiban di Kota Tua

Kompas.com - 18/12/2018, 18:00 WIB
Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Tua,  Jalan Lada, Pinangsia, Tamansari,  Jakarta Barat mengalami bentrok dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam penertiban pada Senin (17/12/2018). Dok. Istimewa Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Tua, Jalan Lada, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat mengalami bentrok dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam penertiban pada Senin (17/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Tua, Jalan Lada, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat terlibat bentrok dengan petugas Satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP) dalam penertiban pada Senin (17/12/2018) siang.

Kepala Satpol PP Jakarta Barat Tamo Sijabat mengatakan, bentrok terjadi lantaran pedagang menolak ditertibkan karena berdagang di pelataran kawasan tersebut.

"Itu di sana enggak boleh (berdagang), ya kami tertibkan, (tetapi dia melawan)," kata Tamo saat dikonfirmasi, Selasa (18/12/2018).

Baca juga: PKL yang Jual Atribut Persija Padati Trotoar Jalan Medan Merdeka Selatan

Bentrokan tersebut terekam dalam video yang tersebar dalam pesan berantai. Dalam video tersebut, nampak sejumlah pedagang menolak ditertibkan oleh para petugas Satpol PP hingga terjadi dorong-dorongan.

Mereka memaki dan memukul kendaraan Satpol PP hingga terjadi cekcok. Ada pula yang mengangkat rangkaian kayu ke arah petugas tetapi dilerai oleh sejumlah pihak lainnya.

Sementara itu, Tamo mengatakan, alasan penertiban tersebut adalah kawasan yang harus steril dari PKL. Sebab, kawasan tersebut berada di tempat wisata Kota Tua yang dijaga ketertibannya.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, DKI Gelar Razia PKL hingga PMKS

"Itu kan di daerah yang tidak diperbolehkan (untuk PKL) dan itu daerah kawasan Kota Tua harus kita jaga dengan baik," kata Tamo.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X