Hari Ini Ada Simulasi Kebakaran di Stasiun MRT Istora dan Dukuh Atas - Kompas.com

Hari Ini Ada Simulasi Kebakaran di Stasiun MRT Istora dan Dukuh Atas

Kompas.com - 22/12/2018, 06:03 WIB
Pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Foto diambil Kamis (29/11/2018).KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELA Pintu masuk Stasiun MRT Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Foto diambil Kamis (29/11/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta akan melakukan tes pengasapan terowongan (tunnel smoke test) di dua stasiun bawah tanah MRT yakni Stasiun Istora dan Stasiun Dukuh Atas.

"Tes pengasapan dilakukan Sabtu (22/12/2018). Untuk Stasiun Istora pada pukul 08.30 hingga 12.00 WIB, sementara Stasiun Dukuh Atas pada pukul 13.00 hingga 16.00 WIB," ujar Corporate Secretary PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah dalam keterangan tertulis, Jumat (21/12/2018).

Tes pengasapan itu bertujuan sebagai simulasi kebakaran di dalam terowongan MRT Jakarta. Sekaligus memastikan sistem dan kapasitas kipas ventilasi terowongan (Tunnel Ventilation Fan/TFV) bekerja sesuai fungsinya.

Diketahui, kipas ventilasi terowongan berfungsi untuk mengalirkan asap keluar melalui Suar Ventilasi (Ventilation Tower/VT).


Kendati demikian, Tubagus menegaskan tes pengasapam itu tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar stasiun.

"Tidak akan berdampak ke permukaan (atas stasiun). Dalam simulasi ini akan digunakan jenis asap yang tidak mengeluarkan bau (odorless) dan tidak pedih di mata," ujar Tubagus.

MRT Jakarta fase 1 lintas Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI) direncanakan beroperasi pada Maret 2019. PT MRT Jakarta berharap kehadiran MRT menjadi alternatif moda transportasi bagi masyarakat sehingga bisa mengurangi kemacetan di Jakarta.



Close Ads X