Detergen Cemari Kali Sentiong, Anies Ingin Temui Menteri Perindustrian dan Perdagangan

Kompas.com - 02/01/2019, 21:12 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (27/12/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (27/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku ingin menemui Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terkait busa di Kali Sentiong. Ia menyebut busa itu berasal dari detergen rumah tangga yang mencemari kali.

"Jadi langkah yang akan kita lakukan, satu saya akan mengatur untuk bisa bicara dengan Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan. Agar ada regulasi yang lebih baik yang menyangkut detergen di Indonesia," ujar Anies di Kali Sentiong, Rabu (2/1/2019).

Anies ingin rumah tangga menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan. Jika produk yang digunakan masyarakat tidak ramah lingkungan, Anies mengatakan pihaknya akan kerepotan menangani pencemaran di hilir.

Baca juga: Ada Busa, Warga Diimbau Tak Konsumsi Langsung Air Kali Sentiong


"Selama produk-produk yang digunakan mencuci standar pencemaran lingkungannya tinggi, kita akan selalu menyelesaikan masalah ini," kata Anies.

Diberitakan sebelumnya, tumpukan busa berwarna putih tebal tampak menutupi permukaan Kali Sentiong yang berada di samping Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa pagi.

Anies menyebut buih muncul ketika air dipompa ke Kali Sentiong.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X