Rektor Sebut Rumah Sakit UI Siap Beroperasi, Tinggal Diresmikan Presiden - Kompas.com

Rektor Sebut Rumah Sakit UI Siap Beroperasi, Tinggal Diresmikan Presiden

Kompas.com - 08/01/2019, 18:05 WIB
Rektorat Universitas  Indonesia (UI) , Muhammad Anis di gedung rektorat Universitas Indonesia, Depok, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.COM/CYNTHIA LOVA Rektorat Universitas Indonesia (UI) , Muhammad Anis di gedung rektorat Universitas Indonesia, Depok, Selasa (8/1/2019).

DEPOK, KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia ( UI) Muhammad Anis mengatakan, pihaknya masih menunggu Presiden Joko Widodo untuk meresmikan Rumah Sakit UI yang rencananya dijadwalkan bulan Januari 2019.

Peresmian Rumah Sakit UI masih menunggu jadwalnya dari Pak Presiden. Kami sih sudah mengusulkan peresmiannya pada Januari ini,” ucap Anis di gedung rektorat Universitas Indonesia, Depok, Selasa (8/1/2019).

Anis mengatakan, RS UI sudah diuji coba untuk internal kampus sejak Oktober 2018 lalu.

Baca juga: Tertarik Masuk UI? Simak 15 Info Terbaru dari UI Ini...

“Kami sudah menerima pasien internal untuk uji coba dari Oktober, sekarang tinggal menerima pasien untuk masyarakat umum menunggu peresmian ini berlangsung,” ujar Anis.

Ia menjelaskan, uji coba yang dimaksud adalah uji coba peralatan untuk melihat kondisi standar operasional prosedur (SOP).

Adapun uji coba peralatan di RS UI ini diselingi dengan penerimaan pasien internal.

“Pasiennya masih seputar civitas academica, dosen, karyawan supaya kalau ada komplain kami bisa cepat atasi. Kalau langsung keseluruhan masyarakat kan kami enggak enak juga dong, apabila masih ada masalah perlengkapan yang macet, makanya kami lihat kondisi SOP-nya segala macam, baru ke ranah masyarakat,” ucap Anis.

Selain melayani masyarakat umum, RS UI berencana untuk bekerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk menerima pasien yang memiliki kartu BPJS Kesehatan tersebut.

Ke depannya, RS UI juga bakal menjadi Rumah Sakit Pendidikan bagi Fakultas Kedokteran di UI.

“BPJS kami belum bekerja sama karena untuk menjadi rumah sakit memerlukan proses dulu untuk akreditasi. Menjadi RS pendidikan harus ada persyaratannya juga, untuk menuju ke arah sana memerlukan waktu 1 hingga 2 tahun,” tutur Anis.

Baca juga: Kedokteran UI Luncurkan Aplikasi Keselamatan Pasien di Puskesmas

Sebelumnya, jajaran rektorat Universitas Indonesia (UI) menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Kedatangan mereka adalah untuk mengundang Jokowi meresmikan Rumah Sakit UI pada Januari 2019.

RS UI berada di wilayah Kampus UI Depok, memiliki kapasitas 300 tempat tidur dan didesain tahan gempa bermagnitudo hingga 9.0.

Kondisi RS UI kini sudah selesai dibangun dan siap beroperasi untuk umum.


Terkini Lainnya


Close Ads X