Cegah Vandalisme, 6 CCTV Dipasang di JPO Jelambar Baru dan Sumarno

Kompas.com - 09/01/2019, 11:50 WIB
Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jelambar Barat yang terletak di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat pada Jumat (14/12/2018). Kompas.com/RIMA WAHYUNINGRUMJembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jelambar Barat yang terletak di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat pada Jumat (14/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Bina Marga DKI Jakarta memasang 6 kamera Closed Circuit Television ( CCTV) di jembatan penyebrangan orang ( JPO) Jelambar Baru di Jakarta Barat dan JPO Sumarno di Jakarta Timur.

Pemasangan CCTV ini salah satunya untuk pengawasan dari aksi vandalisme.

Kedua jembatan telah dipercantik dengan cat baru, fasilitas ramah disabilitas, dan juga ornamen artistik. Untuk itu, diharapkan tidak ada tangan-tangan jahil yang mencoret-coret jembatan.

"Selain petugas, kita juga mengantisipasi vandalisme dengan memasang 6 titik CCTV di JPO tersebut," kata Kepala Seksi Jalan Tak Sebidang (STJS) Dinas Bina Marga DKI Jakarta Imam Adi Nugraha kepada Kompas.com, Rabu (9/1/2019).

Baca juga: Lift di JPO Jelambar Barat Dijadwalkan Beroperasi Jumat Mendatang

Saat ini kondisi kedua JPO di wilayah tersebut menjadi sorotan karena penampilannya menarik. Jembatan dihias dengan ornamen khas Betawi dan dicat warna cerah merah muda-biru.

Tak kalah menarik, atap membran jembatan berbentuk melengkung dengan kesan artistik. Bahkan, pada malam hari ada lampu warna-warni yang menyala.

Selain itu, jembatan juga menyediakan fasilitas ramah disabilitas dengan landasan datar di kedua sisi. Ada pula fasilitas lift berkapasitas 7 orang atau satu kursi roda yang nantinya akan didampingi petugas jaga.

"Tapi yang lebih penting kita mengharapkan partisipasi masyarakat untuk bersama-sama menjaga JPO tersebut. JPO itu milik warga yang harus dijaga bersama-sama," terangnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X