Halte Pemuda dan Stasiun LRT Velodrome Terintegrasi dengan "Skybridge" - Kompas.com

Halte Pemuda dan Stasiun LRT Velodrome Terintegrasi dengan "Skybridge"

Kompas.com - 10/01/2019, 15:42 WIB
Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin di Depo LRT Pegangsaan Dua, Kamis (10/1/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin di Depo LRT Pegangsaan Dua, Kamis (10/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Moda transportasi Light Rail Transit ( LRT) Jakarta dan bus transjakarta akan terintegrasi di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, dengan pembangunan skybridge yang menghubungkan Stasiun Velodrome dan Halte Pemuda.

Direktur Proyek LRT Jakarta Iwan Takwin mengatakan, pembangunan skybridge itu sedang dikebut supaya bisa digunakan ketika LRT beroperasi pada Februari 2019.

Baca juga: LRT Kelapa Gading-Velodrome Beroperasi Februari

"Kalau Anda liat di Velodrome itu sekarang kami melakukan pekerjaan pembangunan skybridge. Dari Stasiun Velodrome transit ke busway ke Halte Pemuda itu," kata Iwan di Depo LRT Pegangsaan Dua, Kamis (10/1/2019).


Dengan adanya skybridge, penumpang LRT dapat menggunakan bus transjakarta tanpa harus keluar dari stasiun, begitu pula sebaliknya.

Direktur Utama PT LRT Jakarta Allan Tandiono menyatakan, skybridge tersebut dirancang dengan tampilan yang senada dengan tampilan stasiun dan halte.

"Desain kami sinkronkan dengan desain stasiun LRT dan tidak terlalu jauh dengan halte busway karena Pak Gub (Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan) sangat detil, sangat serius dengan estetika, jadi kami pastikan desain bagus," kata Allan.

Selain pembangunan skybridge, halte bus transjakarta akan diperpanjang supaya bisa menampung penumpang dari LRT Jakarta.

Integrasi antara LRT dan bus transjakarta ditargetkan dapat menghubungkan kawasan Kelapa Gading dan Sudirman dalam waktu tempuh di bawah satu jam.

Baca juga: Lahan 5 Hektar di Depo LRT Kelapa Gading Akan Ditanami Pohon

LRT Jakarta membentang dari Pegangsaan Dua, Kelapa Gading hingga Velodrome, Rawamangun. Adapun Halte Pemuda berada di Koridor IV yang menghubungkan Pulogadung dan Dukuh Atas.

LRT Jakarta ditargetkan dapat beroperasi bulan depan. Saat ini, progres pembangunan proyek LRT Jakarta telah mencapai 97 persen.



Close Ads X