Manfaatkan Lahan Kosong, Warga Kebayoran Lama Panen Ratusan Kilogram Sayur

Kompas.com - 10/01/2019, 18:57 WIB
Kelompok Tani Kebayoran Lama Selatan Panen Sayuran dari Lahan Kosong di Daerah MerekaDok. Suku Dinas Kominfo Jakarta Selatan Kelompok Tani Kebayoran Lama Selatan Panen Sayuran dari Lahan Kosong di Daerah Mereka

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua kelompok tani (Poktan) di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan, Jakarta Selatan memanen berbagai jenis sayuran hasil pemanfaatan lahan kosong di daerahnya.

Tak kurang dari 149 kilogram sayuran berhasil dipanen oleh kedua poktan tersebut.

"Hasil panen ini kemudian dijual kepada warga sekitar, ada juga yang dibagikan kepada petugas yang mengurus sayuran," kata Lurah Kebayoran Selatan Fachrudin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (10/1/2019) sore.

Baca juga: Perhutani Tanam 5.000 Bibit untuk Dongkrak Produksi Minyak Kayu Putih

Banyaknya hasil panen yang didapat membuat Fachrudin bangga terhadap warga di daerahnya.

Menurutnya, mereka memiliki semangat dan kemandirian yang sangat baik dalam bercocok tanam.

Salah satu dari poktan bernama Kelompok Wanita Tani Seruni Indah dari RW 10 membeberkan hasil panen mereka. 

Sebanyak 25 kilogram sayuran pakcoy, 18 kilogram kangkung, 17 kilogram sawi, dan 17 kilogram selada berhasil mereka dapatkan.

Eka Yulianti selaku Ketua Kelompok Tani Seruni Indah menyebutkan, seluruh sayur yang mereka tanam merupakan sayur organik.

"Hasilnya ada yang kami jual ke masyarakat melalui aplikasi WhatsApp, dibagikan, dan ada juga yang kami jadikan makanan olahan seperti nugget sayur,” jelasnya.

Baca juga: Tanam Eceng Gondok di Kali Inlet 3, Pemkot Jakut Tak Keluarkan Biaya

Kasatpel Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kecamatan Kebayoran Lama Yosiah Anis mengatakan, semua kelompok tani di Kelurahan Kebayoran Lama Selatan merupakan binaan Sudin KPKP Jakarta Selatan.

"Bibit semua dari Sudin KPKP Jakarta Selatan agar warga lebih mandiri dan dapat memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan pertanian," kata Anis.



Close Ads X