Malam Ini, Pemprov DKI Gelar Perayaan Natal Bersama di Ancol

Kompas.com - 11/01/2019, 09:44 WIB
Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/12/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (17/12/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumat (11/1/2019) malam nanti, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar perayaan Natal bersama di Gedung Ecovention Ancol, Jalan Lodan Timur Nomor 7 Ancol, Pademangan, Jakarta Utara.

Berdasarkan agenda yang disampaikan ke publik, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan rencananya akan hadir pukul 19.00.

Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat mengatakan Natal bersama ini ditujukan bagi pegawai Pemprov DKI, BUMD DKI, dan Sekretariat DPRD DKI, yang beragama Kristen serta seluruh umat Kristiani.

"Jadi nanti pegawai Pemprov, pegawai Sekretariat DPRD, pegawai seluruh BUMD DKI, kemudian dengan seluruh umat Nasrani dan Katolik di 7 aras DKI Jakarta nanti tanggal 11 Januari," ujar Hendra, Senin (24/12/2018).


Baca juga: Tak Masuk APBD, DKI Minta Sumbangan Rp 1,4 Miliar untuk Natal Bersama

Khotbah akan disampaikan oleh Uskup Agung Jakarta MGR Ignatius Suharyo. Natal bersama ini juga akan dimeriahkan sejumlah penyanyi seperti Steve Idol, Eka Deli, dan Conny Nurlita.

Perayaan Natal ini sempat menuai kontroversi lantaran Pemprov DKI meminta sumbangan ke perusahaan-perusahaan.

"Bendahara Panitia Perayaan Natal Bersama Nova Nontje Nur Lahase mengatakan, kegiatan itu tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Oleh karena itu, panitia meminta sumbangan kepada perusahaan-perusahaan untuk mendanai kegiatan tersebut dengan mengirimkan proposal.

"Tidak ada (dana dari APBD), jadinya kami minta sumbangan partisipasi ke perusahaan-perusahaan," ujar Nova saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/12/2018).

Baca juga: Penjelasan Panitia soal Sumbangan Rp 1,4 Miliar untuk Natal Bersama Pemprov DKI

Nova menyampaikan, dana yang dibutuhkan untuk menggelar perayaan Natal Bersama mencapai Rp 1,4 miliar. Dana itu akan digunakan untuk pengadaan seluruh perlengkapan hingga konsumsi peserta.

"Iya (Rp 1,4 miliar), soalnya kan kami dengan masyarakat, targetnya 10.000 orang. (Dana) itu kan untuk semua, untuk konsumsi, untuk perlengkapan-perlengkapan," kata Nova.

Menurut Nova, perayaan Natal Bersama sebelumnya pada 13 Januari 2018 juga tidak menggunakan dana APBD DKI Jakarta. Adapun perayaan Natal sebelumnya digelar di JIExpo Kemayoran. Lokasi awal di Monas Persekutuan tidak disetujui Gereja-gereja Indonesia (PGI) Wilayah DKI Jakarta.

Ketidaksepakatan itu membuat PGI berencana menggelar perayaan Natal di gereja masing-masing dan tak turut serta dalam perayaan Natal bersama Pemprov DKI.



Terkini Lainnya


Close Ads X