Taman Piknik Dibangun di Lahan yang Dulunya Tempat Pembuangan Sampah Liar

Kompas.com - 14/01/2019, 19:14 WIB
Taman Piknik merupakan tempat alternatif bagi warga untuk berolahraga atau sekadar menghabiskan waktu. KOMPAS.COM/Ardito Ramadhan DTaman Piknik merupakan tempat alternatif bagi warga untuk berolahraga atau sekadar menghabiskan waktu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Lurah Cipinang Melayu Syahrul Munir menyebut lahan yang kini dijadikan Taman Piknik, Cipinang Melayu, Jakarta Timur merupakan lahan kosong yang dulunya kerap dijadikan tempat pembuangan sampah.

"Ya intinya baru dibeli oleh Dinas Kehutanan tahun 2015, dan memang pada saat dibeli luasnya 4 hektar, sebagian kurang lebih 1 hektar dibangun Taman Piknik sehingga dari sekian area itu warga tentu karena lahan kosong ya dijadikan tempat pembuangan sampah liar," kata Syahrul saat ditemui di Taman Piknik, Senin (14/1/2019).

Sebelum dijadikan Taman Piknik, kata dia, taman ini memang kurang terawat.

Baca juga: Pengunjung Sayangkan Bau Sampah yang Menyengat di Taman Piknik Jaktim


Akhirnya, pada tahun 2017, Taman Piknik mulai dibangun oleh Pemprov DKI Jakarta dan mulai bisa digunakan warga pada tahun 2018.

"Tahun 2017 akhir proses pengadaan atau pembangunan selesai 2018 awal baru bisa digunakan warga setempat karena memang lokasi strategis dekat dengan pusat ibadah dan pusat pendidikan," ujar Syahrul.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta karena telah mengelola lahan yang kurang terawat hingga menjadi taman yang bisa dinikmati warga.

Syahrul menanggapi keluhan pengunjung Taman Piknik yang menyayangkan adanya bau limbah sampah di sana.

Bau limbah sampah ini kerap tercium dari kali yang berada di samping Taman Piknik.

Sebab, kali tersebut sering dijadikan tempat pembuangan sampah warga sekitar.

"Pembuangan limbah harian di kali dari masyarakat limbahnya sedikit tercium, jadi mengurangi sedikit dari penilaian (soal taman)," ujar salah satu pengunjung bernama Uud di lokasi, Senin (14/1/2019).

Baca juga: Lihat Unggahan Anies di Instagram, Warga Tertarik Kunjungi Taman Piknik

Taman Piknik di Jalan Manunggal II, Cipinang Melayu, Jakarta Timur menjadi salah satu taman yang baru dibuka untuk warga.

Taman ini terletak berdekatan dengan permukiman warga atau sekitar 1 kilometer dari Jalan Raya Kalimalang.

Warga yang ingin berkunjung ke taman ini bisa datang pada pukul 07.00 WIB hingga 18.00 WI

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X