Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eli: Keuntungan Pesanan Sabun Cuci Rp 2 Miliar dari Jokowi untuk Umrah

Kompas.com - 21/01/2019, 22:30 WIB
Ari Maulana Karang,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GARUT, KOMPAS.com - Eli Eliawati (37), penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kampung Cibitung, Desa Padahurip, yang mendapatkan pesanan sabun cuci senilai Rp 2 miliar dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengaku tak pernah bermimpi bisa mendapat rejeki sebesar itu.

Dari rejeki pesanan sabun sebanyak 100.000 botol dari Jokowi, Eli pun sudah merencanakan untuk pergi melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci bersama suami dan orangtuanya yang dulu sama sekali tidak terpikir jalannya.

Ketika ditemui di rumahnya Senin (21/1/2019), menurut Eli dirinya sama sekali tidak menyangka usaha sabun rumahan yang dijalaninya akan bisa mengantarnya pergi melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci.

"Awalnya kan bikin sabun untuk dijual ke penerima PKH saja, minimal se-kecamatan Banjarwangi, jadi keuntungannya kecil," katanya.

Baca juga: Eli Kaget Sabun Cuci Piringnya Diborong Rp 2 Miliar oleh Jokowi

Saat menawarkan produknya kepada para penerima PKH pun, Eli sering bercanda jika keuntungannya juga tidak akan cukup untuk umrah.

Namun, ketika menerima pesanan sebanyak 100.000 botol dari Jokowi yang setara dengan Rp 2 miliar, jalan menuju tanah suci pun seolah terbuka lebar. Makanya, keuntungan dari pesanan sabun Jokowi akan digunakannya untuk umrah.

Bangun madrasah

Selain umrah, Eli juga punya rencana mulia lain. Dari keuntungan penjualan sabun ke Jokowi, rencananya Eli akan membangun ulang madrasah yang ada di depan rumahnya tempat kakaknya mengajar mengaji.

Madrasah tersebut pernah terbakar habis saat ada bencana kebakaran. Rencananya, saat ini bangunan madrasah tersebut akan digunakannya untuk gudang bahan baku dan hasil produksi sabun sebelum dikirim ke Jokowi.

Baca juga: Cerita Eli hingga Dapat Pesanan Sabun Cuci Rp 2 Miliar dari Jokowi, hingga Upaya Memproduksinya

"Nanti kan perlu gudang untuk nyimpan sabun jadi, nantinya pakai madrasah itu (sambil menunjuk bangunan yang ada di depan rumahnya), nanti juga saya mau bangun ulang," katanya.

Seperti diketahui, nama Eli Eliawati sendiri, saat ini memang tengah terkenal setelah sabun cuci produksi rumahan miliknya mendapat pesanan dari Presiden Jokowi sebanyak 100.000 botol senilai Rp 2 miliar.

Bukan hanya Eli yang senang, menurut Eli tetangganya pun saat ini ikut senang atas apa yang didapat Eli.

"Ya tetangga ikut senang saja saya terkenal," katanya sambil tersenyum malu. 

Baca juga: Order Sabun Cuci Rp 2 Miliar dari Jokowi Persatukan Eli dan Suaminya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com