Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pemilik Warung Makan Tetap Berjualan di Tengah Banjir

Kompas.com - 25/01/2019, 19:53 WIB
Ardito Ramadhan,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir setinggi 50 sentimeter yang merendam Jalan Kerapu 3 di kawasan Muara Angke, Jakarta Utara, hingga Jumat (25/1/2019) malam tidak meredam aktivitas jual-beli di sana.

Pengamatan Kompas.com pada Jumat petang, sejumlah warung makan tampak masih beroperasi meski direndam banjir setinggi 40-50 cm atau setinggi betis hingga lutut orang dewasa.

"Ya habisan sudah keburu belanja bahan, sudah matang juga, jadi ya tetep jualan aja. Alhamdulillah masih ada yang beli ini," kata Surni, penjual ayam bakar.

Surni menuturkan, dirinya tidak menyangka banjir akan lama surut. Bahkan, banjir yang merendam justru semakin tinggi.

"Tadi datang buka warung banjirnya masih semata kaki, sampai sekarang sudah hampir lutut. Ya enggak apa-apa lah namanya mencari rezeki," ujar dia.

Baca juga: Banjir Rendam Permukiman Warga di Muara Angke

Cerita serupa juga dialami oleh Khorifah, pemilik warung nasi tak jauh dari gerobak dagangan Surni. Khorifah bercerita, dirinya nekat tetap memasak karena mengira banjir akan cepat surut.

"Sudah keburu masak, jam 15.00 sore tadi juga sudah matang eh taunya banjirnya masih tinggi saja. Ya sudah lah daripada mubazir kan," ucap dia.

Seorang warga melintas di Jalan Kerapu 3 Muara Angke yang terendam banjir, Jumat (25/1/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Seorang warga melintas di Jalan Kerapu 3 Muara Angke yang terendam banjir, Jumat (25/1/2019).

Ia melanjutkan, dirinya akan tetap berualan seperti biasa meski diakui jumlah pembelinya tidak sebanyak di hari-hari biasa.

"Ya pasti yang beli menurun lah tapi tetap jualan aja, biasanya juga 24 jam jualannya. Rumah saya juga di sini, kebanjiran juga, enggak kepikiran mengungsi karena ada aja pasti yang beli," kata Khorifah.

Sementara itu, seorang remaja bernama Billy tampak lahap makan di warung milik Khorifah meski ketinggian air mencapai lututnya.

Baca juga: Pemprov DKI Klaim Genangan di 19 Titik akibat Hujan Deras Surut dalam 1 Jam

"Namanya juga orang lapar, jadi makan dulu deh. Di rumah enggak kebanjiran sih, tapi setiap hari memang sudah langganan di sini jadi sengaja mampir," kata Billy yang mengaku baru pulang dari tempat les.

Diberitakan sebelumnya, banjir setinggi 50 cm merendam kawasan permukiman di Jalan Kerapu 3, Muara Angke, Jakarta Utara, sejak Jumat pagi.

Banjir disebabkan oleh air hasil hujan deras sejak pagi hingga siang yang hari yang tak kunjung surut meski hari sudah mulai malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com