Polisi Panggil Sespri Gubernur Papua Terkait Dugaan Penganiayaan Pegawai KPK

Kompas.com - 11/02/2019, 10:08 WIB
Juru Bicara KPK Febri DiansyahDYLAN APRIALDO RACHMAN/KOMPAS.com Juru Bicara KPK Febri Diansyah

JAKARTA, KOMPAS.com — Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Jerry Siagian mengatakan, tim penyidik telah memanggil Elpius Hugy sebagai saksi dalam kasus dugaan penganiayaan dua pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) oleh staf Pemprov Papua.

Elpius Hugy merupakan sekretaris pribadi (Sespri) Gubernur Papua Lukas Enembe. Pemeriksaan dijadwalkan pada Senin (11/2/2019) ini.

"Dipanggil sebagai saksi karena yang bersangkutan berada di situ (lokasi dugaan penganiayaan). Jadwalnya hari ini pukul 14.00 WIB," kata Jerry kepada Kompas.com, Senin.

Baca juga: Selidiki Dugaan Penganiayaan Pegawai KPK, Polisi Periksa CCTV Hotel Borobudur 

Meski demikian, Elpius belum mengonfirmasi kehadirannya kepada tim penyidik.

"Tapi belum ada konfirmasi dari yang bersangkutan apakah akan datang atau tidak," kata Jerry.

Tim penyidik juga akan memanggil dua saksi lain, yakni Sekretaris Komisi 1 DPRD Papua dan Sekda pemerintah provinsi (Pemprov) Papua.

"Besok memanggil Sekretaris Komisi 1 DPRD Papua dan Kamis Sekda Pemprov Papua," kata Jerry.

Polisi telah menaikkan status pemeriksaan kasus itu ke tahap penyidikan setelah memeriksa saksi-saksi atas laporan tersebut. Ada lima saksi yang diperiksa, yakni 3 orang sekuriti hotel, 1 orang operator CDR (call data record) atau kamera pengintai, dan 1 resepsionis hotel.

KPK dan Pemprov Papua terlibat saling lapor ke Polda Metro Jaya terkait insiden dugaan penganiayaan yang terjadi di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Minggu dini hari dua pekan lalu.

KPK telah melaporkan Pemprov Papua ke Polda Metro Jaya atas dugaan penganiayaan terhadap dua pegawainya yang sedang bertugas. Pemprov Papua juga telah melaporkan balik penyelidik KPK atas dugaan pelanggaran UU ITE dan pencemaran nama baik.

Baca juga: KPK dan Pemprov Papua Saling Lapor Soal Insiden di Hotel Borobudur


Terkini Lainnya


Close Ads X