Partisipasi Warga Rendah, Pemkot Jakut Gelar Lomba Kerja Bakti

Kompas.com - 14/02/2019, 18:13 WIB
Sebanyak 70 petugas gabungan Barat melakukan kerja bakti di Kali Cibubur dan memperbaiki trotoar Jalan Krendang Utara, Tambora.TP Moan Simanjuntak / Beritajakarta.com Sebanyak 70 petugas gabungan Barat melakukan kerja bakti di Kali Cibubur dan memperbaiki trotoar Jalan Krendang Utara, Tambora.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Utara akan menggelar lomba kerja bakti antar-rukun warga di wilayah Jakarta Utara pada Minggu (24/2/2019) mendatang.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim mengatakan, lomba digelar untuk meningkatkan partisipasi warga dalam melakukan kerja bakti dan menjaga kebersihan lingkungan.

Baca juga: Nanti Saya Ajak Warga Kerja Bakti, Biar Tahu Enggak Enaknya Sampah Numpuk

"Kami manfaatkan momentum ini untuk menggerakkan masyarakat untuk aktif lagi kerja bakti gotong royong. Nah untuk memotivasi, salah satunya kami melakukan lomba seluruh RW untuk kerja bakti," kata Ali di kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (14/2/2019).

Ali menuturkan, kegiatan kerja bakti sebetulnya telah rutin dilakukan di sejumlah RW di Jakarta Utara setiap Minggu pagi.

Namun, Ali menyebut warga yang mengikuti kerja bukti hanyalah kalangan tertentu seperti pengurus RT, pengurus RW, dan pengurus karang taruna.

"Enggak jauh dari pengurus RT, pengurus RW, PKK, karang taruna, LMK, orangnya itu-itu saja. Nah kami sekarang ingin mengajak lebih besar lagi," ujar Ali.

Baca juga: Di Daerah Ini, Ketahuan Buang Sampah Sembarangan Dihukum Kerja Bakti 2 Minggu

Adapun indikator penilaian dalam lomba ini antara lain jumlah warga yang berpartisipasi, luas wilayah yang dibersihkan, cara warga mengampanyekan kebersihan lingkungan, serta kebersihan lingkungan usai kerja bakti.

Ali mengatakan, lomba tersebut merupakan bagian dari peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh setiap 21 Februari.



Close Ads X