Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ma'ruf Amin Sebut Banyak Ulama di Banten Pindah Haluan Pilih Jokowi

Kompas.com - 20/02/2019, 07:03 WIB
Acep Nazmudin,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SERANG, KOMPAS.com - Calon Wakil Presiden nomor urut satu, Ma'ruf Amin mengklaim jika saat ini banyak Ulama di Banten yang memilih mendukung Joko Widodo pada Pilres 2019 mendatang. Padahal 2014 lalu, mereka mendukung Prabowo.

Ma'ruf mengaku mendengar langsung laporan dari tim sukses di Banten, yang gencar melakukan pendekatan terhadap para kiai dan tokoh agama.

"Banyak, tadi yang lapor-lapor ada beberapa ulama sih di daerah Serang ini, seperti Pontang, di sini juga ya (Tanara) kemudian di daerah lain," kata Ma'ruf di Pondok Pesantren An Nawawi, Kecamatan Tamara, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (19/2/2019).

Ma'ruf mengatakan alasan di balik manuver para ulama mendukung Jokowi. Menurutnya, para ulama saat ini sudah tahu betul jika berita-berita negatif soal Jokowi tidak benar.

Baca juga: Maruf Amin Tak Tahu Ada Keributan Pendukung Jokowi dan Prabowo Saat Debat

"Mereka mungkin setelah merenungkan, mengkroscek dan tabayyun makin tahu bahwa isu tentang Jokowi yang negatif itu tidak benar, ketika tahu tidak benar, mereka balik ke sini," Kata dia.

Kedekatan Ma'ruf dengan masyarakat Banten juga disebut menjadi salah satu faktor banyaknya dukungan ulama ke pasangan nomor satu. Menurut Ma'ruf, banyak para ulama yang semangat untuk memenangkan putera daerah.

"Saya dari Banten mereka ingin memenangkan putera Banten yang kebetulan jadi calon wakil presiden, semangat ikatan budayanya yang muncul," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com