Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Program Terobosan Gubernur Khofifah, Gratiskan SPP hingga Utus Emil Temui 3 Kepala Daerah

Kompas.com - 20/02/2019, 15:30 WIB
Michael Hangga Wismabrata,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengutus wakilnya, Emil Dardak, untuk bertemu tiga kepala daerah di Jawa Timur (Jatim) bagian selatan.

Khofifah berencana fokus untuk pembangunan Jatim bagian selatan selama pemerintahannya.

Selain itu, Khofifah memastikan, dana untuk biaya operasional sekolah daerah (Bosda) khusus madrasah diniyah (Madin) akan dicairkan pada awal Maret 2019.

Hal itu disampaikan Khofifah setelah menggelar rapat koordinasi dengan empat bupati di kantor Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Madura, Selasa (20/2/2019).

Berikut ini sejumlah fakta terkait gebrakan Gubernur Khofifah usai dilantik:

1. Sesuai janji kampanye, Bosda Madin akan segera cair

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan orasi kebangsaan di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (14/2/2019)KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa melakukan orasi kebangsaan di Monumen Tugu Pahlawan Surabaya, Kamis (14/2/2019)

Menurut Khofifah, Bosda Madin akan diserahkan secara serentak ke beberapa madrasah pada awal Maret mendatang.

Penyerahan itu dilakukan bersama empat bupati di daerah masing-masing di Madura. Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat NU ini mengatakan, pembagian anggaran Bosda Madin harus melibatkan beberapa bupati demi membangun sinergi pejabat di tingkat kabupaten dan kota bersama dengan Pemprov Jawa Timur.

"Saya pastikan bahwa Bosda Madin itu ada dan jumlahnya lebih besar. Saya dan para bupati akan menyerahkan secara simbolis di awal bulan Maret," kata Khofifah, Selasa (20/2/2019).

Baca Juga: [POPULER NUSANTARA] Skripsi #2019GantiPresiden | Hari Pertama Kerja Gubernur Jatim Khofifah

2. Khofifah gratiskan SPP untuk anak sekolah

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjenguk Arumi Bachsin di RS Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya, Senin (18/2/2019). KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjenguk Arumi Bachsin di RS Ibu dan Anak Kendangsari Surabaya, Senin (18/2/2019).

Pemprov Jawa Timur juga akan memulai untuk menggratiskan biaya pendidikan dari sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) untuk tingkat SMA, MA, dan SMK, baik yang negeri maupun yang swasta.

Biaya SPP di sekolah akan ditanggung pemerintah sesuai dengan besaran yang akan disepakati bersama antara Pemprov Jawa Timur dan para bupati.

"Tiap sekolah SPP-nya tidak sama. Berapa kemampuan yang akan diberikan kepada siswa, nanti akan kami atur. Jika tidak cukup biaya dari pemerintah, orangtua yang menanggungnya karena besaran tiap sekolah beda-beda," kata Khofifah.

Selain SPP, pada tahun ajaran baru 2019 mendatang, seragam siswa juga akan dibantu oleh Pemprov Jawa Timur. Meskipun ada siswa yang tidak menghendakinya, bantuan seragam tetap akan diberikan kepada mereka sebagai haknya.

Baca Juga: Bulan Depan, Gubernur Khofifah Naikkan Bosda Madin dan Gratiskan SPP

3. Khofifah utus Emil temui 3 kepala daerah 

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Elestianto, saat acara pelepasan dirinya sebagai Bupati Trenggalek di pintu gerbang Pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (15/02/2019).Dok. Humas Pemerintah Kebupaten Trenggalek Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak Elestianto, saat acara pelepasan dirinya sebagai Bupati Trenggalek di pintu gerbang Pendopo Kabupaten Trenggalek, Jumat (15/02/2019).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com