Usulan Pembuatan JPO di Pelintasan Jatinegara Sudah Sering Diajukan

Kompas.com - 21/02/2019, 15:15 WIB
Tak ada akses menyeberang, warga nekat seberangi rel kereta yang hubungkan Jalan Pisangan Baru Selatan ke Jalan Bekasi Barat, Kamis (21/2/2019) KOMPAS.com/ Ryana AryaditaTak ada akses menyeberang, warga nekat seberangi rel kereta yang hubungkan Jalan Pisangan Baru Selatan ke Jalan Bekasi Barat, Kamis (21/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Lurah Pisangan Baru Selatan, Jakarta Timur, Tuti Sugihastuti mengatakan, pihaknya sudah berulang kali mengusulkan adanya jembatan penyeberangan orang ( JPO) untuk penyeberangan warga dari Jalan Pisangan Baru Selatan menuju Jalan Bekasi Barat atau sebaliknya.

Usulan itu disampaikan agar warga tak lagi melewati rel kereta api di pelintasan Jatinegara. Namun hingga saat ini hal itu belum ditanggapi pihak terkait. 

"Masalah pelintasan sebidang hasil rembuk RW kami mengusulkan segera dibuatkan JPO yang Pisangan Baru Selatan. Kami sudah usulkan tapi lokasi tersebut menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan," kata Tuti, Kamis (21/2/2019).

Baca juga: Melihat Progres Revitalisasi JPO Artistik di Polda Metro Jaya dan GBK

Ia mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kemenhub dari tahun 2017. Namun hingga saat masih belum ada tanda-tanda akan dibuatkan JPO di kawasan itu.

"Kami sudah koordinasi dengan Kemenhub tahun 2017. Menurut Kemenhub itu sedang dalam proses lelang. Tapi sampai saat ini tidak ada action Kemenhub. Sementara beberapa minggu lalu sudah ada korban, tertabrak KA," kata dia.

Tuti berharap agar pihak Kemenhub segera mengambil tindakan agar tidak ada korban lagi.

"Maka dari itu kami dari pihak Kelurahan Pisangan Baru mohon kepada Kemenhub untuk segera memfasilitasi warga kami atas lintasan sebidang itu, untuk dibuatkan JPO itu," kata dia.

Tuti menyebutkan,dia juga sudah berkoordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI). Jika JPO dibangun, ada kemungkinan JPO itu tersambung dengan halte transjakarta di Stasiun Jatinegara.

"Memungkinkan karena di sana kan ada JPO busway, itu bisa terhubung ke JPO busway. Saat kami koordinasi di lapangan dengan pihak Kemenhub, dalam hal ini PT KAI, di sana sudah digambarkan JPO akan menyambung di JPO Busway," tambah Tuti.

"Kami minta itu dibagusin biar masyarakat bisa melintas lewat situ jangan lewat rel kereta. Itu alternatif awal sebelum proses lelang kelar," tambah dia.

Selama ini, para pejalan kaki nekat menyeberangi rel di dekat Stasiun Jatinegara itu lantaran tidak ada akses penyeberangan yang layak dari Jalan Pisangan Baru Selatan menuju Jalan Bekasi Barat atau sebaliknya. Ada 7 hingga 8 jalur rel yang mesti dilewati.

Baca juga: JPO Bundaran Senayan Baru Rampung Maret karena Ini..

Di situ sebenarnya ada  pagar pembatas sebelum masuk rel. Namun pagar itu terbuka di salah satu sisi dan titik itu menjadi jalan masuk bagi para penyeberang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X