Tiga Korban Kebakaran Muara Baru Telah Diperbolehkan Pulang

Kompas.com - 24/02/2019, 11:40 WIB
Bangkai kapal yang terbakar di di Pelabuhan Muara Baru, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (24/2/2019).KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA Bangkai kapal yang terbakar di di Pelabuhan Muara Baru, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (24/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga korban kebakaran kapal di Pelabuhan Muara Baru, Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara telah diperbolehkan pulang dari Rumah Sakit Atmajaya.

"Mereka (tiga korban) rawat jalan," kata Komandan Pleton Grup C Penjaringan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara, Buang Miharja saat ditemui Kompas.com, Minggu (24/2/2019).

Dihubungi terpisah, Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakut Satriadi Gunawan mengatakan, ketiga korban itu mengalami sesak napas akibat asap kebakaran.

Identitas masing-masing korban yakni Risma (20) dan Maria (20), karyawan PT Karya Mandiri Citramina (KMC) Muara Baru serta satu petugas pemadam kebakaran bernama Anggo Widardo (35).


"Seluruh korban mengalami sesak napas dan sudah dibawa ke rumah sakit," ujar Satriadi.

Baca juga: Kebakaran di Muara Baru Hanguskan 30 Kapal Nelayan

Diberitakan sebelumnya, api membakar tiga kapal nelayan, Sabtu (23/2/2019) pukul 15.16 WIB.

Namun, dalam proses pemadaman, angin bertiup kencang ke arah barat, sehingga mengenai kapal lainnya yang posisinya saling berdekatan. Tercatat sekitar 30 kapal hangus terbakar.

Api baru berhasil dipadamkan pada Minggu pukul 05.16 WIB. Hingga saat ini, polisi masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

"(Penyebab) sudah masuk kewenangan polisi. Kami menunggu hasil dari pusat laboratorium forensik (Puslabfor) Polri," kata Satriadi.

Kompas TV Kebakaran belasan kapal di Pelabuhan Muara Baru di depan Kantor Syahbandar Penjaringan, Jakarta Utara hingga kini belum padam. Petugas hingga kini masih berusaha untuk memadamkan api. Hingga pukul 21.00 WIB api masih membakar belasan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru. Menurut Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan Jakarta Utara ada 18 kapal nelayan yang terbakar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan tim terkait baik tim damkar maupun polisi. Menurut petugas pemadam kebakaran informasi kebakaran kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru diterima sekitar pukul 15.19 WIB. Upaya pemadaman kebakaran belasan kapal nelayan di Pelabuhan Muara Baru dilakukan oleh sedikitnya 19 unit kendaraan pemadam kebakaran. Menurut Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan Jakarta Utara ada sekitar 95 personel pemadam kebakaran yang berupaya memadamkan api.

 




Close Ads X