Keliling Rumah Pompa dan Pintu Air, Ini yang Disampaikan Anies kepada Petugas

Kompas.com - 11/03/2019, 16:11 WIB
Kondisi Pintu Air Marina di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (11/3/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Kondisi Pintu Air Marina di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (11/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau sejumlah rumah pompa dan pintu air di wilayah Jakarta Utara, Sabtu (9/3/2019) lalu.

Dalam kunjungannya itu, Anies menyampaikan pesan kepada petugas Dinas Sumber Daya Air yang berjaga di setiap rumah pompa dan pintu air yang dikunjunginya.

"Pesan khususnya nitip Jakarta, kalau bisa kita sama-sama gotong royong jangan sampai masyarakat kena banjir kena musibah," kata Penanggung Jawab Pintu Air Marina Taryo kepada Kompas.com, Senin (11/3/2019).

Baca juga: Temui Petugas Pintu Air, Anies Bilang, Titip Jakarta Ya


Handoko, Penanggung Jawab Stasiun Pompa Pasar Ikan, juga menyampaikan hal serupa.

Handoko menyebut, Anies berpesan supaya menjaga Jakarta baik-baik agar tak timbul banjir.

"Tolong jaga baik-baik, intinya supaya tetap menjaga, kalau ada apa-apa segera melapor ke atasan, dia cepat sih di sini," kata Handoko.

Anies disebut hanya berkunjung selama 10 menit di Stasiun Pompa Pasar Ikan. Selain meninjau fasilitas pompa, Anies juga berbincang dengan petugas SDA dan LH yang berada di sana.

Sementara itu, kunjungan Anies di Pintu Air Marina berlangsung lebih lama karena ia melihat cara kerja pintu air dalam mengalirkan air menuju laut.

"Saya terangkan apa adanya di sini SOP-nya. Waktu laut surut saya buka (pintunya) Pak. Bilamana air laut mau naik, saya tutup (pintunya) supaya air laut jangan masuk ke Kali Ciliwung," ujar Taryo.

Taryo dan Handoko memastikan, pintu air dan stasiun pompa yang berada di bawah tanggung jawab mereka tidak mengalami kerusakan dan dapat difungsikan secara optimal.

Diberitakan sebelumnya, Anies menyambangi sejumlah stasiun pompa dan pintu air di wilayah Jakarta Utara pada Sabtu (9/3/2019).

Baca juga: Pintu Air Angke Siaga 3, Waspadai Banjir di 8 Wilayah di Jakarta Barat Ini

"Hari ini kami inspeksi rumah-rumah pompa di sisi tengah utara Jakarta. Melihat kesiapan seluruh petugas kami," kata Anies seperti dikutip TribunJakarta.com.

Selain itu, ia juga ingin memastikan kondisi rumah pompa yang ia kunjungi sudah berfungsi baik.

"Sekarang kami lagi cek semuanya, memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik dan petugas kita siaga," ujarnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X