Bawaslu: PDI-P dan Gerindra Pelanggar Terbanyak Alat Peraga Kampanye di Jaksel

Kompas.com - 13/03/2019, 21:41 WIB
Penertiban APK yang dilakukan Bawaslu Jakarta Selatan bersama Satpol PP di Jalan Tendean, Mampang Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019) KOMPAS.com/ JIMMY RAMADHAN AZHARIPenertiban APK yang dilakukan Bawaslu Jakarta Selatan bersama Satpol PP di Jalan Tendean, Mampang Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) menyebut PDI-P dan Partai Gerindra menjadi pelanggar terbanyak dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di Jakarta Selatan.

"Yang paling banyak itu PDI-P dengan 654 APK, kemudian Gerindra 626 APK," kata Ketua Bawaslu Jakarta Selatan Muchtar Taufik saat dikonfirmasi Kompas.com pada Rabu (13/3/2019) malam.

Baca juga: Bawaslu Turunkan Ratusan Ribu APK yang Langgar Lokasi dan Materi

Berdasarkan catatan Bawaslu Jakarta Selatan, para Caleg dari PDI-P setidaknya memasang 71 APK jenis spanduk, 42 banner, dan 535 bendera di delapan titik yang menjadi sasaran penertiban.

Sementara untuk Partai Gerindra, total ada 41 spanduk, 33 banner, dua baliho, dan 550 bendera yang dipasang caleg-caleg mereka di jalan protokol daerah Jakarta Selatan yang dilarang oleh KPU Provinsi DKI Jakarta.

"Kalau yang paling sedikit itu dari partai Garuda sebanyak 106 APK," kata Taufik.

Lebih lanjut, Taufik mengatakan penertiban yang dilakukan oleh Bawaslu dengan Satpol PP tersebut berdasarkan Surat Edaran KPU.

" Penertiban berdasarkan SE KPU DKI Nomor 175 Tahun 2018, turunannya SE KPU Jaksel Nomor 201 Tahun 2018," ujarnya.

Baca juga: APK Beberapa Partai Dirusak Oknum, Politisi Nasdem Lapor Polisi

Penertiban itu berlangsung serempak di delapan lokasi, yakni Jalan MT Haryono, Gatot Subroto, Mampang Prapatan-Tendean, Rasuna Said, Makam Kalibata, Sisingamangaraja, Taman Puring, dan di Taman Martha Tiahahu.

Selain di kedelapan lokasi tersebut, Taufik mengatakan pihaknya juga akan menertibkan APK-APK yang berada di JPO, underpass, dan flyover yang ada di Jakarta Selatan.

Total ada 4.216 APK yang disita Bawaslu Jakarta Selatan dari semua lokasi tersebut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X