Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Warga Rumania Pelaku Skimming Merupakan Residivis di Negara Asal

Kompas.com - 19/03/2019, 17:19 WIB
Kontributor Bali, Robinson Gamar,
Khairina

Tim Redaksi

DENPASAR, KOMPAS.com - Empat warga Rumania yang ditangkap di Bali rupanya residivis pelaku pembobolan ATM di negara asalnya.

Keempatnya berhasil ditangkap oleh jajaran krimsus Polda Bali di sejumlah ATM di Kuta, Bali.

Masing – masing atas nama Alisa Sardaru (29), Sorin Velcu (35), Alin Serdaru (31), dan Sorinel Miclescu (28).

Dirkrimsus Polda Bali Kombes Pol. Yuliar Kus Nugroho, S.I.K. MH di Mapolda Bali pada Selasa (19/3/2019) mengatakan, keempat orang tersebut juga sedang dicari oleh pihak kepolisian Rumania.

“Keempat pelaku juga dicari oleh Kepolisian Rumania karena mereka merupakan residivis pelaku cyber crime di Rumania,” kata Yuliar.

Baca juga: Bobol ATM, Empat Warga Rumania Ditangkap di Bali

Sebelum tiba di Indonesia, mereka sudah membawa data kartu kredit atau debet milik orang lain yang terdaftar dari negara luar dan card reader atau alat untuk meng-copy data kartu.

Selanjutnya, mereka membeli laptop dan kartu game Amazone dan Amazing, lalu meng-copy data ke dalam kartu tersebut.

Setelah meng-copy data, keempatnya melakukan ilegal akses yakni mengambil uang di beberapa ATM dengan menggunakan kartu tersebut di beberapa ATM di wilayah Kuta dan sekitarnya.

Aksi keempatnya berakhir setelah polisi melakukan penangkapan pada Rabu (13/3/2019) silam di salah satu hotel di Kuta, Bali.

“Pada saat dilakukan penggeledahan, salah satu pelaku yaitu Alisa Sardaru berusaha menghilangkan sebagian barang bukti kartu dengan cara melawan petugas dan ingin membuang kartu ke kloset kamar mandi, namun dapat dicegah oleh petugas,” ujar Yuliar. 

Kompas TV Polda Bali kembali mengungkap kasus pembobolan ATM dengan cara skimming, 5 orang tersangka yang ditangkap merupakan kelompok spesialis skimming dari negara Bulgaria. Untuk mengetahui lebih jelas kasus skimming ATM yang terjadi di Denpasar bali, kita berbincang dengan Kasubdit 3 Ditreskrimum Polda Bali, AKBP Ranefli Dian Candra
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com