Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota DPR: Tol Cigatas Jadi Akses Penghubung Jakarta-Surabaya via Selatan Jawa

Kompas.com - 21/03/2019, 13:16 WIB
Irwan Nugraha,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi


TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Anggota Komisi V DPR RI Nurhayati mengatakan, pembangunan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) merupakan cikal bakal jalur tol penghubung Jakarta-Surabaya via selatan Jawa.

Tol ini nantinya menjadi alternatif penghubung Jakarta-Surabaya via selatan Jawa, selain dari tol yang sudah rampung dibangun di utara Jawa.

"Setelah kami (legislatif) tanyakan update terbarunya ke eksekutif, ternyata Tol Cigatas jadi awal mula pembangunan penghubung Jakarta-Surabaya melalui selatan Jawa, selain yang sudah terbangun via Jawa bagian utara," kata Nurhayati, kepada wartawan, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Progres Tol Cigatas Baru Sampai Pembahasan Penlok

Nurhayati mengatakan, Tol Cigatas sendiri akan dibangun oleh pemerintah tahun ini tahap pertama dari Bandung sampai ke Kota Tasikmalaya. Selanjutnya, tahap kedua, akan dibangun sampai ke Cilacap dan Yogyakarta.

Nantinya, di Yogyakarta, akan terhubung melalui tol yang sudah terbangun sampai ke Surabaya.

"Ini bukti pemerintahan Pak Jokowi, kalau selama ini ingin semua akses transportasi terhubung antar-daerah. Terutama, selama ini daerah terpencil yang memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang mampu mensejahterakan rakyatnya," ungkap dia.

Dia membantah pembangunan ini hanya rencana belaka. Isu tersebut menurut di tidak benar.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tak terpengaruh isu tersebut. Sebab, pembangunan Tol Cigatas telah masuk rencana pembangunan nasional sejak tahun 2014 lalu, di awal kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Anggota DPR RI Ini Sebut Tol Cigatas Mampu Tingkatkan Perekonomian Jabar Selatan

"Kalau ini dikabarkan bohong, semua itu tak betul. Soalnya, kami dari DPR RI, terutama saya sudah mengajukan rencana pembangunan Tol Cigatas ini sejak dilantik menjadi DPR RI tahun 2014 lalu. Termasuk, janji saya akan mengoperasikan Bandara Kota Tasikmalaya untuk kemajuan industri kreatif di Tasik," tambah dia.

Truk kargo bisa via kereta api dan pesawat

Setelah nantinya terbangun akses Tol Jakarta-Surabaya via selatan Jawa, lanjut Nurhayati, supaya tak terjadi kemacetan lagi terdapat alternatif angkutan kargo khusus melalui kereta api dan pesawat.

Sehingga, pengiriman barang bertonase besar akan semakin cepat dan tentunya menguntungkan bagi para pengusaha untuk mendistribusikan hasil produksinya selama ini.

"Nah, untuk pengiriman barang seperti hasil bordir, dan industri kreatif ciri kas Tasik lainnya sudah bisa via pesawat Garuda. Makanya, sengaja sudah ada pesawat Garuda Tasik-Jakarta kemarin itu, salah satunya melayani pengiriman hasil produksi," ujar dia.

Baca juga: Tol Cigatas Jadi Solusi Jalur Tengkorak Gentong yang Rawan Kecelakaan

Dengan demikian, kemacetan meski nantinya sudah terbangun Tol Cigatas akan terhindari dan akses darat bisa lancar dan aman. Selain itu, kemacetan saat memasuki hari liburan dan musim mudik serta balik Lebaran akan terhindari untuk memberi kenyamanan bagi masyarakat.

"Sekarang seperti di wilayah Tol Cikampek ke Jakarta kan masih padat. Nah, nantinya akan bisa teratasi dengan adanya akses tol penghubung yang banyak pilihan. Bisa ke Tol Jakarta via selatan Jawa, atau Tol Jakarta via utara Jawa," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com