Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Jaya Siapkan Tempat Relokasi PKL di Pasar Induk Kramat Jati

Kompas.com - 27/03/2019, 10:46 WIB
Ardito Ramadhan,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perumda Pasar Jaya mulai membangun tempat relokasi bagi pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (27/3/2019).

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin menyatakan, tempat usaha tersebut akan menampung sebanyak 150 PKL yang kini berdagang di lingkungan Pasar Induk Kramat Jati.

"Kami manfaatkan lahannya untuk kemudian menampung semua pedagang kaki lima yang saat ini berkeliaran di koridor ini bisa kami tampung," kata Arief kepada wartawan.

Arief menjelaskan, PKL-PKL itu mesti direlokasi di satu tempat karena mengganggu aliran keluar-masuk kendaraan dari dan ke dalam pasar.

Baca juga: Pasar Kramat Jati Telah Direvitalisasi, PKL Diharapkan Tak Ada Lagi di Jalanan

Dari pantauan Kompas.com, PKL tersebut umumnya mendirikan lapak di pinggir bangunan pasar tempat berlalu-lalangnya kendaraan dan komoditas buah dan sayur yang dijual.

"Jadi yang makan harus di kantin-kantin makan, kemudian pedagang-pedagang kecilnya bisa masuk di tempat-tempat yang sudah disediakan. Itu aja prinsipnya," ujar Arief.

Tempat relokasi PKL itu dapat menampung 150 PKL dari sekitar 300 PKL yang berada di lingkungan Pasar Induk Kramat Jati. Tempat tersebut ditargetkan dapat beroperasi pada akhir tahun.

"Maunya nanti kalau sudah bisa ditampung, tempatnya sudah cukup semua, semua PKL yang ada di dalam (lingkungan pasar) semuanya tertampung," kata Arief.

Ia menyebutkan, penataan tersebut merupakan bagian dari usaha menjadikan Pasar Induk Kramat Jati sebagai pasar percontohan yang berkelas internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com