Dirut Adhi Karya Sebut LRT Jabodebek Akan Pecahkan Rekor Dunia

Kompas.com - 29/03/2019, 16:09 WIB
Direktur Utama PT. Adhi Karya Tbk, Budi Harto memberikan sambutan sebelum dilakukan Iongspan closure atau pengecoran terakhir di kawasan Tol JORR, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Direktur Utama PT. Adhi Karya Tbk, Budi Harto memberikan sambutan sebelum dilakukan Iongspan closure atau pengecoran terakhir di kawasan Tol JORR, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com- Direktur Utama PT Adhi Karta Budi Harto menyebut proyek Light Rail Transit ( LRT) Jabodebek yang tengah dibangun oleh perusahaan itu akan mempunyai dua rekor dunia.

"Insya Allah di proyek LRT Jabodebek tahap 1 ini ada dua tempat rekor dunia, yang pertama adalah di longspan JORR ini," kata Budi kepada wartawan, Jumat (29/3/2019).

Budi menuturkan, konstruksi jembatan longspan (bentang panjang) yang ada di JORR merupakan longspan dengan struktur u-box girder yang terpanjang di dunia.

Baca juga: Juli, LRT Jalur Cibubur-Cawang Diuji Coba

Ia menjelaskan, longspan JORR mempunyai panjang 90 meter, lebih panjang dari u-box girder terpanjang sebelumnya di Dubai yang panjangnya 'hanya' mencapai 75 meter.

"Kemudian yang satu lagi Insya Allah nanti di Rasuna Said itu adalah terpanjang di dunia untuk jembatan lengkung dari beton untuk kereta api," ujar Budi.

Ia menyebut, jembatan itu akan sepanjang 148 meter mengalahkan 'juara bertahan' yang panjangnya baru mencapai 135 meter.

Baca juga: Pengerjaan Proyek LRT Jabodebek Sudah 60 Persen

"Jadi nanti perpindahan dari (Jalan) Gatot Subroto ke (Jalan) Rasuna Said di sana ada lengkung dari beton terpanjang di dunia," kata Budi.

Diketahui, PT Adhi Karya tengah mengerjakan proyek tiga jalur LRT Jabodebek yaitu Cibubur-Cawang, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi Timur.

Hingga Jumat lalu, proses pembangunan ketiga jalur tersebut secara rata-rata telah mencapai angka 59,64 persen.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X