Dilarang Masuk Terminal Jatijajar, Transjakarta Hanya Beroperasi sampai UI

Kompas.com - 05/04/2019, 19:27 WIB
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (11/6/2018). KOMPAS.com/SAKINA RAKHMA DIAH SETIAWAN Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (11/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek ( BPTJ) Bambang Prihartono mengatakan, pihaknya telah meminta Dinas Perhubungan Kota Depok mengkaji jaringan transportasinya.

Sebab, Depok tak mengizinkan transjakarta masuk ke wilayahnya untuk rute Jatijajar-Lebak Bulus.

"Lagi diproses ya, karena, kan, nanti Pak Dadang (Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok) harus lihat ya, harus lihat sistem jaringan transportasinya di dalam Kota Depok," ujar Bambang ketika dihubungi, Jumat (5/4/2019).

Baca juga: Rute Transjakarta Sudah Bisa Diperpanjang ke Tangsel, ke Depok Belum


Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, pihaknya terpaksa hanya mengoperasikan transjakarta sampai Universitas Indonesia (UI).

Sebab, lanjut dia, Pemkot Depok masih bersikukuh menginginkan Pemprov DKI memberdayakan operator lokal Depok.

"Pilihannya bus Debora, tetapi, kan, itu harus ada standar pelayanan minimal (SPM) yang dipenuhi, busnya harus laik dan harus mengikuti prosedur untuk masuk ke lelang," kata Agung. 

Baca juga: Angkot 106, yang Demo Transjakarta, Didorong Masuk ke Terminal

Pihaknya masih berharap Pemkot Depok mengalah agar warga bisa terlayani ke moda raya terpadu (MRT).

"Sebisa mungkin kami layani dengan rute yang ada," ujarnya. 

Sebelumnya, PT Transjakarta membuka lima rute baru yang terintegrasi stasiun MRT Jakarta mulai Jumat (22/3/2019). 

Baca juga: Ketika Kehadiran Transjakarta Sering Didemo Sopir Angkot... 

Lima rute baru itu ialah BSD-Bundaran Senayan (S12), Bintaro-Blok M (S31), Pondok Cabe-Tanah Abang (S41), Jatijajar-Lebak Bulus (D21), dan Cinere-Kuningan (D31).

Rute Bintaro-Blok M, BSD-Bundaran Senayan, dan Cinere-Kuningan dilayani menggunakan bus premium Royaltrans.

Tarif bus Royaltrans Rp 20.000. Bus premium Royaltrans memiliki kapasitas kursi untuk 30 penumpang.

Baca juga: Didemo Sopir Angkot 106, Transjakarta Pondok Cabe-Tanah Abang Stop Operasi

Sementara itu, rute Pondok Cabe-Tanah Abang dan Jatijajar (diperpendek sampai UI)-Lebak Bulus dilayani dengan bus Metrotrans dengan tarif reguler yakni Rp 3.500.

Bus Metrotrans memiliki kapasitas 68 orang dengan 41 tempat duduk. Kelima rute ini melayani masyarakat mulai pukul 05.00 hingga 22.00.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X