Cegah Kesemrawutan, MRT Jakarta Akan Pagari Trotoar di Lebak Bulus

Kompas.com - 23/04/2019, 17:41 WIB
Kondisi jalan raya yang mengarah ke Pondok Labu dan Cinere di dekat Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019). Jalan itu dipenuhi angkot yang mengetem di badan jalan. KOMPAS.com / VITORIO MANTALEANKondisi jalan raya yang mengarah ke Pondok Labu dan Cinere di dekat Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019). Jalan itu dipenuhi angkot yang mengetem di badan jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Head Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin menyatakan, PT MRT Jakarta akan memasang pagar di trotoar dekat Stasiun MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Pemasangan pagar bertujuan untuk mengarahkan penumpang yang hendak melanjutkan perjalanan, baik dengan angkot JakLingko maupun ojek daring.

"Untuk stasiun elevated (layang), terutama Lebak Bulus, akan kami pasang pagar di trotoarnya," kata Kamaluddin melalui telepon Selasa (23/4/2019).

Baca juga: Transjakarta Alami Lonjakan Penumpang Tujuan Stasiun MRT


 

Stasiun Lebak Bulus merupakan salah satu stasiun hilir dengan penumpang yang cukup ramai, terutama pada jam-jam sibuk.

Dari pantauan Kompas.com, pada jam-jam pulang kerja, dua titik keluar Stasiun Lebak Bulus selalu dipenuhi penumpang. Penumpang menyebar ke beberapa titik lain, sebagian besar menunggu pesanan ojek daring. Tak sedikit pula ojek daring yang mengendap di situ untuk menunggu penumpang.

Kemacetan jadi kerap terjadi karena ada antrean bus transjakarta serta angkot JakLingko. Belum lagi ada angkot yang mengetem serta  aktivitas antar-jemput ojek daring dan penumpang yang menyeberang jalan.

Dengan pemasangan pagar, Kamaluddin mengatakan penumpang akan terarahkan untuk masuk maupun keluar di titik yang terkonsentrasi.

Baca juga: MRT: Fase I Akan Diperpanjang dari Lebak Bulus hingga Pondok Cabe

"Untuk keluar, mereka jadi akan melewati pagar dulu supaya naik JakLingko atau ojek daring. Untuk drop-off juga mereka akan teralihkan secara otomatis ke titik-titik yang mereka bisa masuk," tambah dia.

Kamaluddin menyebutkan, proyek itu akan dikerjakan dalam waktu dekat. Setelahnya, pihaknya bakal menggodok rencana pemasangan lampu jalanan dan kanopi di area jalur pedestrian. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X