Peringatan "May Day", Polisi Sterilkan Kawasan Istana Kepresidenan

Kompas.com - 01/05/2019, 09:55 WIB
Barikade kawat berduri telah dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau massa aksi peringatan Hari Buruh di Monas, Rabu (1/5/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Barikade kawat berduri telah dipasang di Jalan Medan Merdeka Barat untuk menghalau massa aksi peringatan Hari Buruh di Monas, Rabu (1/5/2019).
|
Editor Krisiandi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi memastikan massa aksi peringatan Hari Buruh Internasional 2019 tidak akan berunjuk rasa tepat di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, massa di kawasan Monumen Nasional akan dikonsentrasikan di Patung Kuda yang berada di sisi barat daya Monas.

"Ya ( istana steril), memang di patung kuda saja acaranya," kata Argo kepada wartawan di Jalan Medan Merdeka Barat dekat Patung Kuda.

Baca juga: May Day, Beberapa Rute Transjakarta Dialihkan, Bus Wisata Tak Beroperasi


Pantauan Kompas.com, sebuah barikade kawat berduri telah dipasang melintang di Jalan Medan Merdeka Barat tepat di depan Kantor Kementerian Pariwisata, untuk menghalau massa.

Argo melanjutkan, pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan elemen buruh dan memastikan bahwa buruh tidak akan mendesak mendekati istana.

Baca juga: Peringatan May Day di Jabodetabek Dipusatkan di 8 Lokasi Ini

Mengenai arus lalu lintas, Argo menyebut rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional melihat perkembangan jumlah peserta aksi.

"Kalau misalnya nanti penuh di sini nanti kita alihkan, ada pengalihan arus. Nanti juga banyak petugas lantas," ujar Argo.

Selain di Patung Kuda, titik konsentrasi buruh juga berada di Tennis Indoor Senayan yang berada di kawasan Gelora Bung Karno.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X