Setiap Hari Istiqlal Sediakan 3.500-4.500 Kotak Makanan Buka Puasa

Kompas.com - 09/05/2019, 10:45 WIB
Pengemasan makanan untuk buka puasa bagi jemaah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Pengemasan makanan untuk buka puasa bagi jemaah Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (8/5/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun pengelola Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat menyediakan ribuan porsi makanan untuk berbuka puasa.

Kepala Bagian Protokol dan Pelayanan Wisata Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengatakan, pada Ramadhan tahun ini pihaknya menyediakan 3.500 porsi makanan buka puasa pada setiap hari Senin hingga Jumat.

"(Sebanyak) 3.500 porsi itu Senin sampai Jumat. Kalau Sabtu-Minggu 4.500 karena jemaah juga lebih banyak," kata Abdul, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Sukacita Astri, Juru Masak di Dapur Masjid Istiqlal

Ribuan porsi makanan ini disiapkan oleh delapan vendor, salah satunya dari dapur umum Masjid Istiqlal sendiri.

Abdul menyebutkan, makanan disiapkan oleh delapan vendor untuk menjaga mutu makanan dan makanan bisa tersedia tepat waktu.

"Dalam rangka menjaga mutu makanan karena bersaing. Kalau menunya kami yang menentukan sama semua 1 hari. Cuma rasanya saja yang beda," ujar dia.

Menurut dia, tradisi menyiapkan makanan buka puasa oleh Masjid Istiqlal itu telah berlangsung selama 20 tahun. Bahkan sejak didirikan, Masjid Istiqlal menjadi tempat berbuka puasa bersama.

"Sudah dari Istiqlal didirikan, sebelum didirikan Istiqlal udah dipakai untuk buka puasa tahun 1968 sejak itu sudah ada. Tapi kalau dulu masyarakata kirim langsung makanan, sekarang kami yang menyiapkan," kata Abdul.

Baca juga: Menengok Dapur Masjid Istiqlal yang Sediakan Makanan Buka Puasa



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya


Close Ads X