Istiqlal Anggarkan Rp 3 Miliar untuk Operasional Selama Ramadhan

Kompas.com - 09/05/2019, 11:21 WIB
Umat muslim berkumpul untuk menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2019). Masjid Istiqlal menyiapkan 2.000 - 4.000 takjil setiap hari selama Ramadhan 1440 H. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGUmat muslim berkumpul untuk menunggu waktu berbuka puasa di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2019). Masjid Istiqlal menyiapkan 2.000 - 4.000 takjil setiap hari selama Ramadhan 1440 H.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengelola Masjid Istiqlal, Jakarta, menganggarkan dana Rp 3 miliar untuk biaya operasional selama bulan Ramadhan.

Kepala Bagian Protokol dan Pelayanan Wisata Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abdul Salam mengemukakan, dari jumlah dana tersebut sebagian besar digunakan untuk menyiapkan makanan buka puasa dan sahur bagi para jemaah.

"Satu bulan kurang lebih Rp 3 miliar. Dana itu bukan cuma untuk makanan saja tapi operasional keseluruhan. Tapi paling banyak memang untuk makanan," kata Abdul, Kamis (9/5/2019).

Ia menjelaskan, dana tersebut merupakan sumbangan dan bantuan dana baik dari individu, instansi pemerintahan, BUMN, maupun swasta.


Baca juga: Setiap Hari Istiqlal Sediakan 3.500-4.500 Kotak Makanan Buka Puasa

"Dari perwakilan negara sahabat, kedutaan seperti Uni Emirat Arab, Qatar. Itu biasanya melalui lembaga, kalau Arab kan ada Bulan Sabit Merah, lembaga mereka. Terus Qatar Charity," kata dia.

Uang sumbangan tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk makanan.

Ia menambahkan, jika dana sumbangan kurang , Istiqlal akan memakai uang kas yang telah disediakan.

"Kadang-kadang kami pake uang kas Istiqlal yang sudah ada," ujar dia.

Abdul sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 3.500 porsi makanan buka puasa untuk setiap hari Senin hingga Jumat selama Ramadhan.

"(Sebanyak) 3.500 porsi itu Senin sampai Jumat. Kalau Sabtu Minggu 4.500 karena jemaah juga lebih banyak," ungkap Abdul.

Baca juga: Sukacita Astri, Juru Masak di Dapur Masjid Istiqlal

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X