Rekapitulasi Suara di Duren Sawit Diprediksi Rampung Belakangan, Mengapa?

Kompas.com - 13/05/2019, 21:22 WIB
Suasana rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Jakarta Timur, Jumat (10/5/2019).KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D Suasana rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Kota Jakarta Timur, Jumat (10/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, diperkirakan menjadi kecamatan yang terakhir kali menyelesaikan proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019.

Komisioner KPU Jakarta Timur Suhanda mengatakan, rekapitulasi di Kecamatan Duren Sawit diperkirakan baru dapat rampung pada Selasa (14/5/2019). 

"Terakhir di Duren Sawit, Duren Sawit itu (yang) sudah diplenokan tingkat kecamatan itu (Kelurahan) Malaka Sari, Malaka Jaya, Duren Sawit juga sudah," kata Suhanda kepada wartawan, Senin (13/5/2019).

Baca juga: Ini 2 Penyebab Molornya Rekapitulasi Suara di Jakarta Timur

Suhanda mengatakan, Kelurahan Pondok Bambu dan Pondok Kopi masih dalam proses rekapitulasi formulir DA1 atau formulir rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dari tingkat kelurahan ke tingkat kecamatan.

Sementara itu, ada dua kelurahan yang masih menjalani proses input data.

Kedua kelurahan itu adalah Kelurahan Pondok Kelapa dan Klender. Proses input data itu, kata Suhanda, tak bisa berlangsung cepat karena membutuhkan banyak tenaga.

Baca juga: Rekapitulasi di Jakarta Timur Molor Diduga karena Petugas Kelelahan hingga Kabur

"Duren Sawit, kan, buka banyak kelas. Kalau buka kelas, kan, tentu tambah orang, tambah operatornya, tambah yang ngetik, begitu pula tambah komputernya," ujarnya. 

Sementara itu, ada dua kecamatan lain di Jakarta Timur yang juga belum menyelesaikan proses rekapitulasi yaitu Cakung dan Pulogadung.

Namun, kedua kecamatan itu diprediksi akan lebih dahulu direkapitulasi di tingkat kota.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Golkar Unggul di Kalimantan Timur, PDI-P dan Gerindra Tiga Besar

Sebelumnya, rapat pleno rekapitulasi di tingkat DKI Jakarta ditunda menunggu rampungnya rekapitulasi di tingkat Jakarta Timur.

Hasil Pemilu dari lima wilayah lain di DKI Jakarta yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu seluruhnya sudah direkapitulasi di tingkat provinsi.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X