Pendaftaran Program Jakarta Mudik Bersama Ditutup Jumat

Kompas.com - 15/05/2019, 19:56 WIB
Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membuka pendaftaran program mudik gratis, Minggu (28/4/2019) mulai pukul 00.00 WIB. Kompas.com / Tatang Guritno Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta membuka pendaftaran program mudik gratis, Minggu (28/4/2019) mulai pukul 00.00 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuota program "Jakarta Mudik Bersama"  dengan  bus yang diadakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan per Selasa (14/5/2019) kemarin tersisa sekitar 1.600 kursi. Saat pendaftaran dibuka pada 19 April lalu, kuota yang ditawarkan sebanyak 16.578 tempat duduk.

"Terakhir saya cek kemarin itu peserta sekitar 1.600-an saja dari kuota awal yang hampir 17 ribu pemudik," kata Plt Dishub DKI Jakarta Sigit Wijatmoko ketika dihubungi Kompas.com, Rabu.

Program itu merupakan penyelenggaraan perdana oleh Dishub DKI. Pemudik bakal mudik gratis dan diberangkatkan pada 30 Mei ini ke 10 kota tujuan yang tersebar di Pulau Jawa, dan kembali ke Jakarta pada 8 Juni 2019.

Baca juga: Ribuan Warga Jakut Ikut Program Mudik Gratis, 2 Kota Ini Jadi Tujuan Utama


Sigit memperkirakan,  kuota pemudik yang tersisa itu bakal ludes dalam dua hari ke depan.

"Sepertinya tanggal 17 nanti sudah selesai. Estimasi kami, lusa sudah habis kuotanya, karena sekarang setiap harinya sudah proses verifikasi," kata Sigit.

Ia mengimbau agar warga yang hendak berpartisipasi segera mendaftarkan diri lewat situs mudikgratis.jakarta.go.id.

"Kemudian, yang bersangkutan akan menerima notifikasi dari petugas. Lalu, sesuai jadwal diminta datang ke kantor Suku Dinas Perhubungan terdekat untuk melakukan verifikasi data," ujarnya.

Sigit juga memastikan bahwa asuransi pemudik ditanggung Pemprov DKI Jakarta.

Dalam program itu, pemudik bakal diboyong ke kota tujuan menggunakan 307 bus. Sementara untuk arus balik, jumlah bus yang disediakan hanya 130 bus untuk 7.020 pemudik.

Jumlahnya berkuranga karena mempertimbangkan para pemudik ada yang ingin bertahan lebih lama di kampung halaman.

Dalam program itu tersedia pula kuota bagi pemudik yang hendak membawa sepeda motor ke kampung halaman. Ada kuator 6.225 unit yang disediakan. Sepeda motor akan dibawa dengan truk khusus pada 29 Mei ini.

Baca juga: Ini Sejumlah Syarat Pendaftaran Mudik Gratis bagi Warga Jakarta




Close Ads X