Gerbang Tol Cikampek Utama Beroperasi 23 Mei

Kompas.com - 21/05/2019, 13:31 WIB
Gerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, menuju Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014). KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKOGerbang Tol Cikampek , Kabupaten Purwakarta, menuju Simpang Jomin, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Kamis (24/7/2014).

BEKASI, KOMPAS.com - Gerbang Tol Cikampek Utama siap beroperasi pada 23 Mei 2019.

General Manager Jasa Marga cabang Tol Jakarta-Cikampek Raddy R Lukman mengatakan, progres pembangunan Gerbang Tol Cikampek Utama sudah mencapai 82,61 persen.

Kini, pembangunan sudah memasuki tahap penyelesaian gerbang tol satelit.

Baca juga: Jasa Marga: GT Cikampek Utama Rampung Sebelum Puncak Mudik

"Untuk (konstruksi) gerbang utama sudah 100 persen bisa digunakan. Kami pastikan di 23 Mei 2019 pukul 00.00, Gerbang Tol Cikampek Utama siap beroperasi melayani transaksi pengguna jalan," kata Raddy dalam keterangan tertulis, Selasa (21/5/2019).

Raddy mengatakan, pemindahan transaksi Gerbang Tol Cikarang Utama ke Gerbang Tol Cikampek Utama untuk mengoptimalkan fungsi Tol Jakarta-Cikampek. 

"Sebelumnya kami sudah mulai menghilangkan GT Barrier (utama) di beberapa ruas jalan tol milik Jasa Marga untuk mengurangi titik transaksi yang berpotensi menyebabkan antrean, sebagai implikasi dari integrasi ruas jalan tol," ujarnya. 

Baca juga: Macet di Tol Jakarta-Cikampek saat Mudik, Ini Jurus Pengelola

Adapun, Gerbang Tol Cikampek Utama akan memiliki 30 gerbang yang terdiri dari 15 gerbang tol arah Cikampek dan 15 gerbang tol arah Jakarta.

Saat puncak arus mudik dan balik, seluruh gerbang tol akan difungsikan untuk mengantisipasi kemungkinan padatnya volume kendaraan bermotor.

Namun, untuk hari-hari normal atau liburan akhir pekan, jumlah gerbang tol yang dibuka hanya enam hingga tujuh gerbang tol.

Baca juga: Empat Proyek di Tol Cikampek Distop Saat Mudik

Saat hari pertama pengoperasian Gerbang Tol Cikampek Utama pada 23 Mei, sebanyak tujuh gerbang akan dibuka untuk kedua arah.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X