Demonstran Bubarkan Diri Sambil Punguti Sampah

Kompas.com - 21/05/2019, 21:11 WIB
Massa aksi demo Bawaslu membantu menghalau massa yang terprovokasi dan hendak menghampiri barikade aparat gabungan di depan Bawaslu, Selasa (21/5/2019).KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN Massa aksi demo Bawaslu membantu menghalau massa yang terprovokasi dan hendak menghampiri barikade aparat gabungan di depan Bawaslu, Selasa (21/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa pengunjuk rasa dari Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) yang menggelar aksi di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019) telah membubarkan diri.

Dalam pantauan Kompas.com di lokasi unjuk rasa, massa membubarkan diri pukul 20.40 WIB dengan tertib.

"Jangan terprovokasi, kami sudah bersama anda semua sejak tadi pagi. Jangan terprovokasi," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan melalui pengeras suara.

Baca juga: Massa Demonstran GNKR Shalat Tarawih di Bundaran HI

Mereka juga memunguti sampah di sekitar lokasi aksi unjuk rasa.

Sampah-sampah tersebut dikumpulkan dalam kantong plastik sampah dan dijadikan satu titik di dekat pos polisi MH Thamrin, tepatnya di perempatan jalan kawasan Sarinah.

Tampak puluhan plastik sampah dikumpulkan. Plastik itu berisi botol bekas minuman dan sisa makanan pengunjuk rasa.

"Tunjukan bahwa kita bermartabat, ayo kita bubar sambil memungut sampah," ujar salah seorang pengunjuk rasa menggunakan pengeras suara.

Sebelum meninggalkan lokasi, para pengunjuk rasa bertepuk tangan dan menyampaikan hormatnya pada petugas kepolisian.

Baca juga: Titiek Soeharto Sambangi Pengunjuk Rasa di Depan Kantor Bawaslu

Tepuk tangan tersebut disambut dengan tepuk tangan balasan dari pihak kepolisian.

"Mari semua petugas kita tepuk tangan bersama sebagai wujud kita bersama-sama sudah berhasil menjalankan aksi damai dengan lancar dan aman," ucap Harry.

Adapun para pengunjuk rasa membubarkan diri melalui Jalan Wahid Hasyim menuju Gondangdia.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X