Anggota Brimob yang "Video Call" Anaknya Jadi Viral, Ini 5 Faktanya

Kompas.com - 24/05/2019, 17:25 WIB
Foto anggota brimob di demo Jakarta yang viral dibagikan di media sosial.Instagram @masagungwilis Foto anggota brimob di demo Jakarta yang viral dibagikan di media sosial.

KOMPAS.com – Sosok anggota Brigade Mobil ( Brimob) Polri yang viral saat sedang video call dengananaknya di sela bertugas mengamankan aksi demo di Jakarta beberapa hari lalu, memunculkan sejumlah cerita dari berbagai macam pihak.

Sejak banyak dibagikan pada Selasa (22/5/2019) foto anggota Brimob yang tengah beristirahat ini mencuri banyak perhatian karena menyentuh hati banyak orang.

Dari sejumlah cerita yang akhirnya muncul ke permukaan, berikut ini beberapa fakta yang berhasil terhimpun.

Momen tak sengaja

Jurnalis foto yang mengabadikan momen tersebut, Mas Agung Wilis Yudha Baskoro, menyebut bahwa momen itu tidak sengaja ia temui di saat para polisi ini beristirahat sejenak pada Selasa (22/5/2019) malam.

Ketika itu, massa tengah melaksanakan shalat tarawih berjemaah tidak jauh dari lokasi, yaitu Gedung Bawaslu di Jalan MH Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat.

"Mereka berdua sedang istirahat. Bapak yang depan itu sempat saya ajak mengobrol tapi karena mulai merem-merem oh saya pikir ngantuk, ya sudah. Terus tiba-tiba ya bapak yang belakang video call sama anaknya," kata Yudha, Rabu (23/5/2019) pagi.

"Ya saya ambil sedikit jarak, ambil foto, lalu pergi menjauh takut merusak momen singkat istirahat mereka," lanjutnya.

Menurut Yudha, tidak lama setelah foto itu diambil, massa kembali memanas dan mereka harus kembali lagi bertugas.

Baca juga: Kisah di Balik Foto Anggota Brimob Video Call Anaknya Saat Bertugas

Makna foto

Karya Yudha banyak menuai pujian dari netizen yang menggunakan media sosial di Indonesia. Sebab, foto itu dinilai berhasil menangkap sisi humanis yang begitu dalam, di tengah-tengah situasi demo yang sempat memanas hingga memakan korban tersebut.

Hal yang sama juga diakui oleh Yudha. Ia mengaku mendapatkan nilai lain dari momen yang ada di hadapannya saat itu, hingga akhirnya memutuskan untuk mengabadikan dalam tangkapan lensa kamera.

"Menurut saya momennya menyenangkan, dalam artian Brimob kan kesannya gahar, eh begitu video call sama anaknya kan jadi lembut suaranya," ujar Yudha.

"Polisi kan sering jadi yang diserang kalau ada kayak begini, tapi biar pembaca ada yang lihat lah, 'Oh ya mereka juga manusia, ayah untuk anaknya di keluarganya, sama kayak kebanyakan orang'," tuturnya.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X