Ada RPTRA di Terminal Kampung Rambutan, Anak-anak Bisa Bermain Sambil Tunggu Bus

Kompas.com - 28/05/2019, 12:54 WIB
Anak-anak bermain di RPTRA Terminal Kampung Rambutan, Selasa (28/5/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DAnak-anak bermain di RPTRA Terminal Kampung Rambutan, Selasa (28/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, kini memiliki fasilitas baru berupa Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ( RPTRA).

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan Thofik Winanto mengatakan, RPTRA tersebut dihadirkan untuk menghilangkan kesan rawan di terminal.

"Kami menyiapkan yang tahun lalu belum ada kita berikan saat ini RPTRA. Kita sudah punya RPTRA meskipun kecil tapi ini upaya kami menghilangkan kesan rawan di terminal," kata Thofik kepada Kompas.com, Selasa (28/5/2019).

Baca juga: Pemudik, Jangan Sampai Tertipu Calo di Terminal Kalideres...

Lokasi RPTRA itu berdempetan dengan ruang tunggu penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

RPTRA itu dicat warna-warni dengan gambar ondel-ondel dan kartun Spongebob Squarepants.

RPTRA yang dilengkapi dengan permainan perosotan dan ayunan itu diharapkan dapat dimanfaatkan anak-anak untuk mengusir rasa bosan saat menunggu bus.

Baca juga: Mudik Lebaran 2019, Terminal Tipe B di Jatim Disulap Jadi Rest Area

"Supaya ibu-ibu, bapak-bapak, orangtua yang membawa anak kecil menunggu terlalu lama itu tidak rewel dan tidak bosan. Makanya kita berikan tempat bermain," ujarnya. 

Pantauan Kompas.com pada Selasa siang, ada sejumlah anak berusia sekolah dasar yang bermain di sana.

Selain penumpang, RPTRA juga dimanfaatkan oleh warga sekitar terminal.

Terminal Kampung Rambutan merupakan satu dari empat terminal yang disiapkan untuk melayani pemudik. Tiga terminal lainnya adalah Terminal Pulogebang, Terminal Kalideres, dan Terminal Tanjung Priok.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X