Operasi Fungsional Tol Cijago Seksi 2 Diperpanjang hingga 17 Juni

Kompas.com - 12/06/2019, 07:11 WIB
Tol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan) Kementerian PUPRTol Cijago Seksi II (Raya Bogor-Kukusan)

DEPOK, KOMPAS.com - Direktur Operasi PT Trans Lingkar Kita Jaya (TLKJ) Teddy Rosadi mengatakan, operasi fungsional Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 2 akan diperpanjang hingga Senin (17/6/2019) pekan depan.

Tol Cijago seksi 2 sebelumnya direncanakan hanya akan beroperasi hingga Senin (10/6/2019).

"Ya kami lakukan perpanjangan (operasional) sampai pekan depan," ujar Direktur Operasi PT TLKJ, Teddy Rosadi saat dikonfirmasi, Selasa (11/6/2019). 

Baca juga: Urai Kemacetan Arus Mudik, Tol Cijago Tahap 2 Dioperasikan Selama 8 Hari

Teddy mengatakan, perpanjangan waktu operasi fungsional Tol Cijago Seksi 2 ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran traffic kendaraan pada hari kerja.

“Operasi fungsional kemarin itu untuk membantu mengurai kemacetan saat Lebaran. Saat ini kami perpanjang karena untuk mengetahui gambaran kondisi lalu lintas saat hari kerja," katanya. 

Berdasarkan pengamatan selama sepekan pembukaan, Tol Cijago Seksi 2 diklaim dapat mengatasi kemacetan di ruas Margonda, Jalan Raya Bogor, dan Jalan Juanda.

Baca juga: Senin, Tol Cijago Seksi II Dibuka Fungsional

Sebab, awalnya pengendara dari arah Tol Jagorawi menuju Margonda hanya bisa keluar di pintu Cisalak 2.

Namun, sejak Tol Cijago seksi 2 beroperasi, pengendara bisa memiliki alternatif keluar di pintu Margonda dan Kukusan.

Teddy mengatakan, traffic kendaraan yang melintas di Tol Cijago Seksi 1 mencapai 39.000 kendaraan per hari. Dari jumlah tersebut, sebanyak 70 persen kendaraan keluar di pintu Cisalak 2.

Baca juga: Preman Bertahun-tahun Intimidasi Pekerja Jalan Tol Cijago

Sementara itu, sisanya sebanyak 30 persen keluar di pintu Margonda dan Kukusan atau ada sekitar 27.300 kendaraan yang melintas di Tol Cijago Seksi 2.

“Ini tentunya berdampak pada tingkat kemacetan di Raya Bogor dan Juanda. Dari 39.000 kendaraan yang melintas di seksi 1, sebanyak 70 persen keluar di Cisalak dan 30 persen keluar di Margonda dan Kukusan," ucapnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X