Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KCI Bakal Hapus Pembelian Tiket Harian KRL di 5 Stasiun

Kompas.com - 08/07/2019, 14:40 WIB
Vitorio Mantalean,
Sandro Gatra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Commuter Indonesia akan menghapus aktivitas jual beli tiket harian berjaminan (THB) kereta rel listrik (KRL) di Stasiun Sudirman, Palmerah, Taman Kota, Cikini, dan Universitas Indonesia mulai 1 Agustus 2019.

Kebijakan tersebut diterapkan karena pada lima stasiun tersebut, hampir seluruh penumpang telah menggunakan kartu elektronik, baik kartu multitrip (KMT) maupun uang elektronik yang diterbitkan bank.

Anne beranggapan, kebijakan ini bakal mengurangi antrean pembelian tiket di lima stasiun tersebut.

"Kami melihat traffic penumpang di 5 stasiun itu hampir 90 persen sudah menggunakan KMT dan e-money. Kami mengapresiasi positif sekali, karena itu mengurangi antrean," ujar Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba kepada Kompas.com, Senin (8/7/2019).

Di sisi lain, Anne menggarisbawahi bahwa pihaknya hanya menghapus pembelian THB di lima stasiun tersebut, baik melalui loket maupun vending machine.

"Secara akses, untuk tap in atau tap out tetap bisa (menggunakan THB). Misalnya, penumpang dari Stasiun Jakarta Kota ke Stasiun UI menggunakan THB, tetap bisa tap out. Atau misalnya dia beli THB pulang pergi, nanti tetap bisa tap in di Stasiun UI, karena dia sudah beli tiket untuk pulang di Stasiun Jakarta Kota," jelas Anne.

Pembelian dan pengisian ulang KMT dapat dilakukan di setiap stasiun KRL dengan tarif Rp 30.000.

Penumpang juga dapat melakukan redeem atau penarikan saldo KMT. Sementara itu, pembelian dan pengisian e-money berbasis bank belum dapat dilakukan di stasiun KRL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com