Skaters, Ini Dia Fasilitas Skatepark di Kolong Flyover Slipi, Sudah Coba?

Kompas.com - 11/07/2019, 16:06 WIB
Pengunjung yang bermain skateboard di FO Skatepark Slipi pada Rabu (10/7/2019). KOMPAS.COM/ANASTASIA AULIAPengunjung yang bermain skateboard di FO Skatepark Slipi pada Rabu (10/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Skaters, sudah tahu belum skatepark di kolong Jembatan Slipi? Nah, buat kalian yang tinggal di sekitar wilayah itu, bisa mencoba secara cuma-cuma areal skatepark yang mulai ramai di sore hari itu. Letaknya tepat di dekat perlintasan rel dari arah Palmerah menuju Pejompongan.

Pantauan Kompas.com pada Rabu (10/7/2019) sore, skatepark Slipi terasa lebih teduh karena berada dibawah kolong flyover. Pengunjung pun biasa bermain pada sore hari, sekitar pukul 15.00 hingga pukul 00.00. 

Meski baru ramai pada sore hari, namun skatepark ini beroperasi selama 24 jam. Area ini semakin ramai dengan muda-mudi Jakarta pada akhir pekan.

Terdapat beberapa rintangan yang disediakan di skatepark Slipi yaitu miniramp, half pipe, quarter pipe, rail, downrail, pool, stairs, flat dan funbox.

Baca juga: Pengunjung Keluhkan Skatepark Slipi

Namun, fasilitas pendukung seperti toilet, tempat ibadah dan lahan parkir belum tersedia di skatepark ini.

Selain itu, kualitas rintangannya yang masih di bawah standar dapat membuat pengguna kurang nyaman untuk bermain di skatepark tersebut. Hal ini pun dikeluhkan oleh skaters yang kerap menggunakan skatepark Slipi.

"Pembangunannya setengah-setengah. Orang-orang kalau datang ke sini bingung mau nge-trik apa. Soalnya rail-nya kerendahan untuk profesional, untuk amatir ketinggian. Pinggiran bowl juga harusnya ada besinya," kata Kholid.

Menurut Kholid, pemerintah seharusnya mengajak komunitas skaters untuk berdiskusi terkait model yang cocok untuk skatepark. Sehingga, fasilitas yang dibangun pun sesuai dengan harapan komunitas skaters.

Sebelum dibangun skatepark, areal di bawah kolong jembatan Slipi ini adalah lahan kososng. Lokasi itu dimanfaatkan para pemulung dan pedagang kaki lima (PKL) sebagai tempat mangkal mereka.

Namun pada tahun lalu, lahan kosong ini disulap menjadi tempat terbuka bagi warga. Luas skatepark yakni 84x55 meter dan dibangun oleh Suku Dinas Kehutanan Jakarta Pusat dengan anggaran sebesar Rp 800 juta.

Pengunjung yang ingin datang mencoba Skatepark Slipi dapat menggunakan Transjakarta dan turun di halte Slipi Petamburan. Sementara untuk yang membawa kendaraan pribadi dihimbau untuk memakirkan kendaraannya di gedung-gedung terdekat seperti gedung Jakarta Design Center.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X