Vonis Ratna Sarumpaet Lebih Rendah dari Tuntutan Jaksa

Kompas.com - 11/07/2019, 17:15 WIB
Ratna Sarumpaet ditegur hakim karena membuka tas saat sedang jalani sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019 KOMPAS.com -Walda MarisonRatna Sarumpaet ditegur hakim karena membuka tas saat sedang jalani sidang pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/7/2019
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Vonis terdakwa kasus penyebaran berita bohong atau hoaks, Ratna Sarumpaet lebih rendah dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, jaksa menuntut hukuman enam tahun penjara terhadap Ratna atas kasus penyebaran berita bohong.

Sementara dalam persidangan ini, Majelis Hakim menjatuhkan vonis 2 tahun penjara terhadap Ratna Sarumpaet.

"Terdakwa Ratna Sarumpaet telah terbukti secara sah bersalah menyebar pemberitaan bohong. Menjatuhkan terdakwa dengan pidana penjara selama dua tahun," kata Majelis Hakim Joni saat membacakan vonis di pengadilan negeri Jakarta Selatan, Kamis (11/9/2019).

Majelis Hakim menyatakan Ratna terbukti melangar Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1947. Sebab kebohongan yang dia buat telah menimbulkan keonaran.

Adapun, Ratna awalnya dijerat dengan 2 pasal. Pertama adalah Pasal 14 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang hukum Pidana. Kedua adalah Pasal 28 ayat 2 Undang-Undang ITE.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X