Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Gelar Formula E, Jakarta Diharapkan Lebih Dulu Terapkan Mobil Listrik di Masyarakat

Kompas.com - 16/07/2019, 07:33 WIB
Walda Marison,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat tata kota Yayat Supriatna mengatakan, rencana akan digelarnya balapan Formula E di Jakarta berbanding terbalik dengan kemajuan teknologi mobil listrik di Ibu Kota.

Menurut dia, Jakarta sampai saat ini belum membudidayakan teknologi mobil listrik.

"Pertama apa makna diadakan lomba Formula E di Jakarta? Maknanya apa? Apakah ada sebuah simbolik tentang kemajuan mobil listrik di Jakarta? Ini saja kita masih gantung tentang Perpresnya," ujar Yayat saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/7/2019).

Baca juga: Dukung Formula E 2020, Taufik Harap DKI Bisa Gelar Acara Internasional Tiap Tahun

Menurut dia, sebelum Jakarta menggelar balapan Formula E, pemerintah harus sudah berhasil menerapkan penggunaan mobil listrik di lingkungan masyarakat.

Pemerintah pusat seharusnya sudah merampungkan peraturan presiden (Perpres) penggunaan mobil listrik sebagai payung hukum untuk mengembangkan teknologi tersebut.

Jika Perpresnya belum disahkan, Yayat pesimistis pagelaran tersebut akan memberi dampak baik bagi masyarakat ataupun citra di mata internasional

"Jadi ketika Perpresnya sampai sekarang katanya belum diturunkan tentang masalah pembuatan mobil listrik, kemudian kita mau membuat sebuah kejuaraan Formula E, apakah kita hanya sekedar mewadahi kejuaraan tanpa ada kemajuan tanpa ada usulan inovatif dari kita sendiri? Harusnya kalau ada seperti itu (ajang Formula E), sudah ada produk (mobil listrik) yang kita sampaikan," kata dia.

Baca juga: Ini 2 Rute Alternatif Lintasan Formula E 2020 di Jakarta

Sebelumnya diberitakan, Jakarta bakal menjadi tuan rumah turnamen Formula E Tahun 2020. Formula E adalah turnamen balap mobil bertenaga listrik yang digelar di sirkuit jalan raya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginformasikan hal itu melalui akun Instagram-nya, @aniesbaswedan, Minggu (14/7/2019).

"Alhamdulillah, berhasil! Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020," tulis Anies dalam keterangan foto di akun Instagram-nya.

Baca juga: Jakarta Akan Jadi Tuan Rumah Balapan Formula E 2020, Ini Penjelasan Anies

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com