Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Anak Nasional, Anies Ingin Wujudkan Jakarta sebagai Kota Ramah Anak

Kompas.com - 23/07/2019, 21:40 WIB
Ryana Aryadita Umasugi,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dalam memperingati hari anak nasional, Pemerintah DKI Jakarta berupaya untuk mewujudkan DKI Jakarta sebagai kota ramah anak.

Hal ini dilakukan Pemprov setelah menerima penghargaan dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebagai Pemerintah Daerah Peduli Anak beberapa waktu lalu.

"Program-program kita untuk anak kita seriusi. Kita memang berkomitmen bahwa keluarga itu adalah sentral untuk pendidikan dan perlindungan bagi anak itu sentral. Kota ini harus menjadi kota yang ramah bagi anak," ucap Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (23/7/2019).

Baca juga: Hari Anak Nasional, Asah Otak si Kecil dengan Main di Luar Ruangan Setiap Hari

Anies pun meminta agar anak-anak semakin memeroleh kasih sayang baik dari orang tua maupun orang lain. 

"Harapannya bagi kita semua setiap melihat ada anak anggap itu anak kandung kita sendiri anggap itu adik kandung kita sendiri," kata dia.

Ia mencontohkan ketika bertemu anak-anak yang bermain di pinggir jalan raya agar menyapa dan memperingatkan agar tak bermain di jalan karena beresiko.

Hal ini secara tidak langsung membuat semua warga bertanggung jawab terhadap keselamatan anak.

"Kalau kita tak menganggap adik kita anak kita yang kita lakukan cuma bertanya itu anak siapa yah kok pada main di situ. Ini soal mindset itu kita anggap anak sendiri kita peduli maka itu hari anak nasional mengajak pada semua mari peduli pada semua anak anggap setiap anak itu adik kita anak kita sendiri lalu kita ikut bertanggung jawab atas kelangsungan mereka," tutup Anies

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com