Kompas.com - 04/08/2019, 22:01 WIB
Kereta Listrik (KRL) terhenti karena listrik pada di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (4/8/2019). DEAN PAHREVI/KOMPAS.comKereta Listrik (KRL) terhenti karena listrik pada di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (4/8/2019).
Penulis Dean Pahrevi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian rute kereta listrik sudah bisa beroperasi, Minggu (4/8/2019) malam, setelah menerima pasokan listrik dari PLN.

Namun, kepastian operasional masih menunggu informasi dari PT KAI Daop 1 unit Listrik Aliran Atas (LAA).

Sejumlah rute KRL kembali berjalan lantaran gardu traksi yang menjadi sumber listrik KRL sudah teraliri listrik, namun belum sempurna di rute tersebut.

"Beberapa lintas yang sudah on (nyala) itu Manggarai-Jakartakota jalur hilir (sisi kanan), Jakarta-Manggarai, Depok, Bogor jalur hulu (Manggarai-Bogor) bisa dilalui, hilir yang ke arah Bogor. Jakartakota-Ancol dua-duanya sudah bisa dilalui, Tanah Abang-Sudimara dua duanya sudah bisa dilalui," kata Vice President Communication PT Kereta Commuter Indonesia ( KCI) Anne Purba di Kantor KCI, Jakarta Pusat, Minggu (4/8/2019).

Update: Senin Pagi, Seluruh Rute KRL Beroperasi Normal

Sedangkan untuk rute KRL lintas Bekasi belum bisa berjalan karena daya listrik di gardu traksi wilayah tersebut belum teraliri listrik.

Sementara itu, Vice President Operasi PT KCI Broer Rizal mengatakan, operasional KRL menunggu seluruh gardu traksi KRL kembali normal sempurna.

Artinya, penjualan tiket KRL di seluruh stasiun masih menunggu normalisasi gardu traksi sempurna.

Baca juga: Sejak Listrik Padam, 240 Perjalanan KRL Dibatalkan

"Kami informasikan hingga saat ini untuk sementara waktu, dari unit Listrik Aliran Atas (LAA) Daop 1 yang memastikan daya (listrik) berjalan normal, sampai saat ini belum mengizinkan operasional KRL di lintas sampai dengan kondisi jaringan LAA dan daya yang masing-masing masuk di gardu traksi sudah sempurna," ujar Broer.

Hingga saat ini PT KCI terus berkoordinasi dengan PT KAI Daop 1 dan PLN guna melihat perkembangan daya listrik yang masuk ke gardu traksi KRL.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X