Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU Kota Bekasi Tetapkan Anggota DPRD Terpilih Paling Lambat 15 Agustus

Kompas.com - 12/08/2019, 15:51 WIB
Vitorio Mantalean,
Egidius Patnistik

Tim Redaksi

BEKASI, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi optimistis anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 bisa dilantik bulan ini. Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni menyebutkan, pihaknya akan mengebut penetapan anggota terpilih beserta jumlah kursi partai  politik pemenang Pileg 2019 tingkat DPRD Kota Bekasi.

"Hari ini perolehan suara dan jumlah kursi sudah diunggah di laman resmi KPU RI. Jadi, kami sudah bisa menentukan tanggal pleno penetapan perolehan kursi parpol dan calon legislatif yang terpilih," kata Nurul via telepon kepada Kompas.com, Senin (12/8/2019).

Penetapan anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 terpaksa molor karena adanya perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif Kota Bekasi di Mahkamah Konstitusi (MK).

Baca juga: Habiskan Setengah Miliar, Apa Saja Baju Dinas untuk Anggota Terpilih DPRD Kota Bekasi?

Ada dua sengketa pemilu di Kota Bekasi yakni dari PPP daerah pemilihan dua Bekasi Utara dan Golkar. Sengketa itu akhirnya ditolak MK pada Jumat lalu.

"Ancar-ancarnya sekitar 14-15 Agustus kami pleno penetapan," kata Nurul.

Setelah penetapan, KPU Kota Bekasi akan menyurati Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, terkait usulan pelantikan nama-nama anggota dewan terpilih, melalui Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Setelah disetujui, instruksi pelantikan anggota dewan terpilih akan diserahkan ke Wali Kota Bekasi lagi.

Setelah pembacaan sumpah dan janji, anggota DPRD Kota Bekasi periode 2019-2024 baru dapat dilantik.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Kota Bekasi M Ridwan mengkhawatirkan molornya pelantikan anggota dewan periode 2019-2024 bakal mengganggu kinerja pemerintahan. Di satu sisi, masa bakti para anggota dewan periode 2019-2024 telah usai pada 10 Agustus 2019.

Lantaran tinggal menunggu pelantikan anggota baru, anggota dewan saat ini berstatus demisioner dan tidak bisa menentukan keputusan-keputusan strategis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com