Mengintip Tempat Pengepulan Kulit Hewan Kurban di Bekasi

Kompas.com - 12/08/2019, 19:30 WIB
Kulit kambing kurban dikumpulkan di warung milik Parji (53), pengepul kulit hewan kurban di Medan Satria, Bekasi. Vitorio MantaleanKulit kambing kurban dikumpulkan di warung milik Parji (53), pengepul kulit hewan kurban di Medan Satria, Bekasi.

BEKASI, KOMPAS.com - Samar-samar aroma busuk menguar dari sebuah warung bakso di Jalan Rawa Bambu Bulak, Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Senin (12/8/2019).

Sehari usai pemotongan hewan kurban, sejumlah pria tampak sibuk memindahkan kulit-kulit kambing dari warung itu ke mobil boks. Kaki telanjang mereka memijak lumuran garam kasar yang serupa pasir.

Warung tersebut milik Parji (53) yang disulap jadi tempat pengepulan kulit hewan kurban.

Lebih dari lima pria tampak sibuk dengan kulit-kulit aneka warna yang telah dilipat itu. Sekilas, kulit-kulit kambing yang masih menyatu dengan bulunya itu bak karpet beledu, plus bonus bau busuk, tentu.

Baca juga: 7 Kisah Seputar Hari Raya Idul Adha, Hewan Kurban Tendang Orang hingga Sapi Masuk Kafe

"Kami pengepul saja, sudah musiman," ujar Parji, Senin sore.

Sore itu, baru satu mobil boks yang mampir ke warungnya. Demi pendapatan sampingan ini, ia rela satu-dua pekan melepas pekerjaannya sebagai tukang bakso. Besok hingga lusa, kata Parji, bisa ada satu-dua mobil boks lagi yang datang mengangkut kulit-kulit kambing itu. Parji memang khusus menerima kulit kambing.

"Kambing domba sama kambing jawa. Kalau sapi, agak ribet bawanya," ungkapnya.

Parji mengaku telah menekuni usaha sampingan itu sejak 1997. Pria asal Wonogiri, Jawa Tengah itu mengaku hanya memanfaatkan jaringan yang dimilikinya.

Di kampungnya, ia punya seorang kenalan yang rutin menerima kulit-kulit hewan kurban dalam skala besar.

"Kemudian ada orang Surabaya itu, dia nampung (kulit hewan kurban) juga di Bandung. Disamperin ke mari, katanya daripada (distribusi) ke Jawa, ke Bandung saja," ungkap Parji.

"Kalau dulu kami sedikit antarnya, enggak pakai mobil boks, cuma kirim pakai karung saja, titip ke bus," imbuhnya.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X