Adanya Cacing Dalam Air PAM di Tangerang Disebut karena Kemarau

Kompas.com - 16/08/2019, 14:11 WIB
Ilustrasi air bersih THINKSTOCKS/KENZAZAIlustrasi air bersih

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Baru-baru ini sejumlah warga di Kota Tangerang resah karena ada cacing dalam aliran air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng yang mereka gunakan.

Manajer Humas PDAM Tirta Benteng, Ikhsan Sodikin mengatakan, cacing muncul dalam aliran air PDAM akibat musim kemarau yang panjang. Kemarau panjang telah membuat kualitas dan kuantitas air baku PDAM Tirta Benteng yang bersumber dari Kali Angke menurun.

"Akibat musim kemarau yang berkepanjangan itu kemudian muncul masalah kualitas dan kuantitas air baku yang mulai menurun. Jadi timbulah sidementasi, lumpur yang tergerus," kata Ikhsan di kantornya di Jalan PU Prosida Bendungan, Tangerang, Jumat (16/8/2019).

Baca juga: Dampak Mati Listrik Se-Jabodetabek, Warga di Bogor Rebutan Air Bersih

PDAM Tirta Benteng, kata dia, menggunakan air baku yang kualitas dan kuatitasnya menurun itu. 

 

Ikhsan menjelaskan, keberadaan cacing tersebut bukan karena sistem pengolahan. Ia memperkirakan, adanya cacing di dalam air di rumah warga itu karena kuman yang tak tersaring filter. 

Air PDAM yang mengandung cacing ditemukan antara lain di Perumahan Buana Gardenia, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X