Polisi: 7 Orang yang Diamankan Saat Kerusuhan 30 September Positif Narkoba

Kompas.com - 01/10/2019, 20:12 WIB
Sejumlah orangtua demonstran berkumpul di depan gedung sabhara Polda Metro Jaya, Selasa (01/10/2019) siang. Mereka bermaksud ingin menjemput anak-anak mereka yang diamankan polisi saat kerusuhan dalam unjuk rasa di sekitaran gedung DPR DOKUMENTASI POLSEK PASAR MINGGUSejumlah orangtua demonstran berkumpul di depan gedung sabhara Polda Metro Jaya, Selasa (01/10/2019) siang. Mereka bermaksud ingin menjemput anak-anak mereka yang diamankan polisi saat kerusuhan dalam unjuk rasa di sekitaran gedung DPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, hingga Selasa (1/10/2019) malam, tercatat tujuh orang yang diamankan saat kerusuhan di kawasan Kompleks Parlemen Senayan positif menggunakan narkoba.

Argo menyebut, tujuh orang tersebut diamankan saat kerusuhan terjadi di Jalan Gatot Subroto, Senin (30/9/2019) kemarin.

"Iya benar (data sementara), tujuh orang positif narkoba, ada yang positif ganja, sabu, dan ekstasi," ujar Argo, Selasa.


Argo mengatakan, empat orang yang positif narkoba itu masih berusia di bawah 18 tahun.

"Empat orang yang positif narkoba berusia 18 tahun, FK berusia 15 tahun sementara FR, GR, dan MR berusia 17 tahun," ujar Argo.

Baca juga: Selasa Pagi, Polisi Temukan 59 Pelajar Tertidur di Pinggir Jalan Setelah Aksi di Gedung DPR

Saat ini, polisi masih terus mendata jumlah orang yang diamankan terkait kerusuhan tersebut. Hingga Selasa dini hari, tercatat ada 519 orang yang diamankan.

Argo mengatakan, mereka yang diamankan berasal kalangan pelajar, mahasiswa, dan pekerja. Mereka dibawa ke Polda Metro Jaya dan polres yang ada di Jakarta.

Di Polda Metro Jaya, mereka terbagi menjadi tiga kelompok. Sebanyak 163 orang berada di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum), 70 orang berada di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), dan 82 orang di Direktorat Narkoba.

Baca juga: Satu Pelajar yang Diamankan Polisi Saat Hendak ke Gedung DPR Dinyatakan Positif Sabu

"Kalau untuk di Polres Jakarta Utara ada 36 orang. Jakpus ada 11 orang dan Jakbar ada 157 orang," kata Argo.

Kerusuhan terjadi antara massa demonstran dengan pihak kepolisian di sekitar Gedung DPR, Senin kemarin.

Kerusuhan terjadi beberapa titik di antaranya kawasan Palmerah, Slipi hingga sepanjang Jalan Gatot Subroto. Massa perusuh membakar kendaraan, memblokade Tol Dalam Kota, hingga merusak fasilitas umum.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X